Pemkab Tabalong Siaga Darurat Bencana Hingga Akhir Desember 2024

0

BERDASARKAN hasil pertimbangan paparan rilis perkiraan iklim, Pemkab Tabalong menetapkan status siaga bencana kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

STATUS siaga bencana ini disampaikan saat rapat koordinasi menghadapi bencana karhutla di Pendopo Bersinar, Kamis (5/9/2024).

Penjabat Bupati Tabalong, Hj Hamida Munawarah yang memimpin rapat koordinasi, menetapkan waktu status tersebut. “Saya tetapkan status siaga darurat bencana di Tabalong terhitung mulai hari ini sampai 31 Desember 2024,” jelasnya.

Hj Hamida pun menegaskan, agar seluruh elemen masyarakat dan pihak lainnya agar berkomitmen menghadapi resiko bencana Karhutla yang mengancam tersebut. “Dengan semangat kebersamaan dan solidaritas yang tinggi, saya yakin kita akan mampu menghadapi segala tantangan dan ancaman bencana kebakaran hutan dan lahan yang ada,” ajaknya.

BACA: Jangan Anggap Remeh, Inilah Bahaya Karhutla di Kalimantan Selatan

Sementara itu, Kalak BPBD Tabalong, Haris Fakrozi mengungkapkan, ditetapkannya status siaga darurat bencana ini pihaknya akan mendirikan posko kendali.

Di posko tersebut akan melibatkan mulai dari TN/Polri, relawan, organisasi masyarakat termasuk organisasi perangkat daerah (OPD) pemangku kebencanaan. “Posko itu sebagai pengendali, apalagi ada laporan masyarakat, melakukan evaluasi dan monitoring terhadap hotspot atau titik panas yang terjadi,” ungkap Haris.

Dalam rakor tersebut dihadiri mitra Pentahelix diantaranya unsur pemerintah, perusahaan, komunitas, akademisi, media massa dan termasuk TNI/Polri, camat dan lurah/kepala desa.(jejakrekam)

Penulis hery
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.