Gerakan Nasional Aksi Bergizi, Bupati Banjar: Upaya Penurunan Angka Stunting

0

GERAKAN Nasional Aksi Bergizi dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia sejak 12 Agustus sampai 12 September 2024 dan untuk Kabupaten Banjar pencanangan dilakukan di SMPN 5 Desa Labuan Tabu, Kecamatan Martapura, Jumat (16/8/2024).

PENCANANGAN Gerakan Aksi Bergizi dihadiri Bupati Banjar yang diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan H Ikhwansyah, Kepala Dinas Kesehatan Yasna Khairina, perwakilan Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar Liana Penny, Kepala SMPN 5 Martapura.

Mewakli Bupati Banjar, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Ikhwansyah mengatakan, kegiatan bertujuan meningkatkan derajat kesehatan dan penurunan angka stunting.

“Gerakan Nasional Aksi Bergizi meliputi senam atau olahraga, cuci tangan dengan sabun di air mengalir, pembiasaan membawa bekal dari rumah, minum tablet tambah darah bersama di sekolah,” jelas Ikhwansyah.

Kepala Dinas Kesehatan Yasna Khairina menuturkan, kegiatan dilaksanakan di sekolah-sekolah di Kabupaten Banjar dengan pencanangan dipilih di SMPN 5 Martapura.

“Dari kegiatan ini diharapkan anak didik menjadi manusia yang sehat sedari dini,” harap Yasna

Dirinya menambahkan Dinkes dan Disdik mempunyai program kerjasama JUS TATAMBA (Jum’at Sehat TAblet TAMBah dArah), kemudian pembinaan dari puskesmas kepada para kepala sekolah terkait penyusunan menu sehat sesuai dengan “Isi Piringku” untuk remaja puteri

Pencanangan Gerakan Nasional Aksi Bergizi di Kabupaten Banjar diawali dengan senam sehat, makan makanan bergizi, minum tablet tambah darah dan gerakan cuci tangan dengan sabun.

Pada kesempatan ini juga dilakukan secara simbolis penyerahan tempat cuci tangan dan pemberian buah kepada siswa SMPN 5 Martapura.(jejakrekam)

Penulis InfoPublik.id
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.