Ketua Kwarda Kalsel Pimpin Apel Peringatan Hari Pramuka Ke-63 Di HSS

0

KETUA Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Kalimantan Selatan, Hj Raudatul Jannah atau Acil Odah memimpin Apel Besar Peringatan Hari Pramuka ke-63 Tingkat Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), yang diikuti sebanyak 1.124 anggota pramuka di lapangan Tugu Lambung Mangkurat, Kota Kandangan pada Senin (19/8/2024).

LAGU Indonesia Pusaka mengalun di Bumi Antaludin, para anak anggota pramuka mulai merapat dan merapikan barisan. Tampak hadir, Wakil Ketua Bidang Pengabdian Masyarakat, Penanggulangan Bencana dan Lingkungan Hidup Kwarda Pramuka Kalsel, Achmadi.

Lalu ada Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten HSS, Syamsuri Arsyad. Wakil Ketua III Wagito Munawar dan Ketua Seksi Upacara Panitia Hari Pramuka, Suwito.

Atraksi Sinoman Hadrah mengiringi kedatangan Acil Odah di lapangan, kemudian dilanjutkan dengan parade sepeda hias yang dikayuh oleh anak-anak.

BACA: Diikuti Ratusan Peserta, HUT Pramuka ke-63 di Kotabaru Digelar di Pantai Gedambaan

Detik-detik dimulainya upacara. Pemimpin upacara memasuki lapangan, kemudian menyiapkan barisannya masing-masing. Tak lama, Acil Odah memasuki mimbar upacara. Pemberian penghormatan kepada pembina yang diiringi dengan lagu Hymne Pramuka.

Empat anggota pramuka terdiri dari siswa SD, SMP, SMA dan Perguruan Tinggi itu maju ke depan mimbar. Mereka meakuan pengucapan Pancasila, UUD 1945, Dasa Dharma dan Dwi Dharma.

Amanat upacara dalam sambutan tertulis dari Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Komisaris Jenderal (Purn) Budi Waseso dibacakan oleh Acil Odah. “Dalam upacara peringatan Hari Ulang Tahun Pramuka ke-63. Saya ingin memberikan sambutan dari Ketua Kwartir Nasional, Komjend (Purn) Budi Waseso. Kepada anggota pramuka di seluruh penjuru Nusantara,” ucap Acil Odah di atas mimbar.

Dalam pesan itu, Acil Odah menyampaikan bahwa Presiden RI Joko Widodo telah mendukung program-program untuk eksistensi kepramukaan selama ini. Terlebih untuk pengembangan karakter anak muda yang tangguh, terampil dan handal, demi menyongsong generasi emas di Tahun 2045. “Agar anggota pramuka berjiwa Pancasila, serta membentuk semangat kebersamaan dalam kesatuan bangsa kita,” ucap Acil Odah, tegas.

Menurut Acil Odah, kondisi zaman mengalami banyak tantangan ke depan sehingga perlu adanya pencegahan secara dini untuk generasi muda era sekarang. Lantas, baginya gerakan pramuka ini sangat mendukung pengembangan diri.

BACA JUGA: Peringati Hari Pramuka ke 60, Kwarda Kalsel gelar Bulan Bakti dengan Rangkaian Kegiatan

Lewat gerakan pramuka ini, Acil Odah berkeyakinan bahwa mereka akan terbentuk kepribadian dan kecerdasan secara emosional maupun pemikirannya. “Saya mengapresiasi kepada pembina, pelatih dan andalan pramuka di Kalimantan Selatan yang selalu mendukung kegiatan kepramukaan ini. Mari kita bekerja dengan ikhlas agar lebih memajukan gerakan pramuka, tentu saja saya juga ucapkan kembali selamat Hari Pramuka. Jayalah Pramuka dan Jayalah Bangsaku,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Kwarcab Kabupaten HSS, Syamsuri Arsyad menjelaskan, bahwa ada sejumlah kegiatan. Diantaranya, yakni Family Gathering Pembina Pramuka, Malam Ulang Janji dan Kirab Obor, serta Malam Keakraban Keluarga Besar Kwarcab HSS. “Kita juga melaksanakan Ziarah Makam Pengurus Kwarcab HSS, gelar senja, giat lomba dan golongan siaga. Lalu ada sejumlah lomba,” ujarnya.

Selain itu, kegiatan yang digelar yakni pesta siaga, sepeda hias, galang scout rally (GSR) dan contest foto pangkalan ter-eksis. “Satukan pramuka untuk Indonesia. Jayalah Pramuka dan Jayalah Indonesiaku, selamat Hari Pramuka ke-63. Dan kita berjuang, demi NKRI,” tandasnya.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.