Sosialisasi Tranformasi Digital Dalam Pendidikan, Kadiskominfo Tabalong Upayakan Internet Gratis di Tiap Sekolah

0

KEPALA Dinas Kominfo Tabalong, H Muhammad Noor Rifani merespon kendala sektor pendidikan terkait terhambatnya akses internet di sejumlah fasilitas pendidikan di Bumi Saraba Kawa.

DIRINYA pun menyatakan, akan terus berupaya memfasilitasi penyediaan internet gratis di lingkungan sekolah-sekolah. “Kita akan terus berupaya agar semua sekolah bisa terlayani internet gratis. Mudah-mudahan nantinya tidak saja SMA, namun semua SD sampai dengan SMP akan mendapatkan free wifi,” tegas sosok yang akrab disapa H Fani.

Ia mengatakan, kebutuhan internet sudah menjadi bagian sehari-hari masyarakat dan hampir semua orang telah memiliki smartphone.

BACA: Launching Internet Gratis di SMAN 1 Tanjung oleh Diskominfo Tabalong

Sehingga penting artinya dilalukan penguatan jangkauan jaringan internet, terlebih berkaitan dengan posisi strategis Tabalong sebagai penyangga Ibu Kota Nusantara (IKN). “Mengenai laporan, masih adanya sinyal seluler yang lemah di beberapa titik tertentu. Ini kita akan terus memonitor dan berupaya untuk mengatasinya,” katanya.

Kendala-kendala yang dialami tersebut disampaikan oleh sejumlah guru sekolah di Tabalong, yang menginginkan adanya layanan internet gratis.

Keinginan para guru dan kepala sekolah ini disampaikan pada kegiatan Sosialisasi Tranformasi Digital dalam Pendidikan Jenjang SD di Gedung Islamic Center Tanjung, Kamis (8/8/2024).

Kegiatan sosialisasi tersebut dibuka Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tabalong, Toni Marwan dan diikuti sedikitnya 200 peserta dari kalangan kepsek dan guru SD di Wilayah Tabalong.

Hal itu dalam rangka menunjang kegiatan pendidikan dan belajar-mengajar yang notabene telah berbasis elektronik atau digital, seperti penggunaan aplikasi-aplikasi dalam tugas keseharian, tuntutan literasi digital dan lain sebagainya.

BACA JUGA: Diskominfo Tabalong Anjurkan Gunakan Internet Cerdas Untuk Penunjang Proses Belajar

Kepala Sekolah SDN Jaring Hilir, Susanti mengharapkan, agar pemerintah daerah bisa memperhatikan SD agar bisa terlayani internet gratis sama halnya dengan jenjang SMA.

Menurutnya, dukungan internet gratis dapat membantu para guru untuk meningkatkan kemampuannya. Selain di sekitar SD-nya bertugas, terasakan masih kurang kuatnya sinyal seluler. “Dukungan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sangat penting dalam pembangunan sumber daya manusia bahkan menjadi hal yang sangat mendasar untuk semakin memajukan pendidikan di daerah ini,” ujar Susanti.

Selain itu, hal yang sama disampaikan Guru SDN Tamiyang, Majid juga berharap mendapatkan fasilitas wifi gratis dan sinyal seluler dari banyak provider. “Tidak hanya Telkomsel seperti yang ada saat ini,” harapnya.(jejakrekam)

Penulis hery
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.