Program Sasaran Fisik TMMD ke-121 Kodim/1008 Tabalong Diapresiasi Jendral Mabes TNI AD

0

ASISTEN Perekonomian dan Pembangunan Setda Tabalong, Norzain A Yani menyebut program TMMD merupakan bukti nyata bahwa TNI menyatu dengan rakyat.

HAL ini disampaikannya di hadapan Tim pengawasan dan evaluasi (Wasev) dari Markas Besar (Mabes) TNI AD, saat meninjau lokasi TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-121 di Desa Kasiau Raya, Kecamatan Murung Pudak. “Sesuai dengan namanya, TNI Manunggal Membangun Desa,” sebut Norzain A Yani, pada Kamis (8/8/2024).

Peran pemerintah daerah sendiri dalam program tersebut dengan bentuk dukungan dalam bentuk menyiapkan anggaran. “Pemerintah kabupaten Tabalong tahun ini mengalokasikan sekitar Rp 1,5 miliar untuk kegiatan yang berlangsung di Desa Kasiau Raya,” ujar Norzain.

BACA: TMMD ke-121 Kodim 1008/Tabalong Menyasar Pembangunan Fisik di Kecamatan Murung Pudak

Tim Wasev yang dipimpin Mayjen TNI Jonathan Binsar Parluhutan Sianipar, selaku Asisten Latihan (Aslat) Kasad bersama Pabandya-3/Oramil Spaban IV/Bin Nonproglatsi Slatad, Letkol Inf Dony Gredinand, tiba di Desa Kasiau Raya menginpeksi langsung para Satgas TMMD ke-121.

Turut hadir pula Kasrem 101/Antasari Kolonel Inf Hari Santoso, dan Dandim 1008/Tabalong Letkol Inf Budi Sanjaya Galih.

Mayjen TNI Jonathan Binsar Parluhutan Sianipar mengatakan, bahwa program TMMD di Desa Kasiau raya berjalan dengan baik. “Sejauh ini kami lihat progresnya sangat baik, saya percaya pada saat penutupan seluruhnya sudah bisa dilaksanakan 100 persen,” katanya.

Ia mengungkapkan, program TMMD kali ini yang menjadi sasaran fisik yakni pembangunan jalan sepanjang 2,4 kilometer dengan lebar 6 meter yang menghubungkan Desa Kasiau dan Kasiau Raya.

BACA JUGA: Penjabat Bupati Tabalong: Banyak Aspek Yang Memerlukan Keterlibatan TNI

Sedangkan sasaran fisik lainnya mulai dari rehab masjid, rehab rumah tidak layak huni (RTLH), rehab pos kamling, pembuatan sumur bor.

Selain itu juga termasuk program unggulan Kasad yaitu penurunan stunting, penanaman pohon, ketahan pangan dan pembersihan sungai. “Dan beberapa sasaran-sasaran non fisik, ada memberikan penyuluhan-penyuluhan kepada masyarakat di wilayah Kasiau Raya,” ungkapnya.

Mayjen TNI Binsar menambahkan, jalan penghubung antar dua desa tersebut dapat meningkatkan dan membantu perekonomian yang baru bagi masyarakat sekitar. “Kita harapkan kepada pemda supaya nanti program tahun berikutnya bisa tingkatkan kelas jalannya sehingga bisa berfungsi maksimal meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” tambahnya.(jejakrekam)

Penulis hery
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.