Terdengar Ledakan Bom, Balai Kota Banjarmasin Ricuh, Ada Apa?

0

BENTROKAN antara massa demonstran dan aparat kepolisian pecah di halaman Balai Kota Banjarmasin, Senin (5/8/2024) pagi.

AKSI dorong-dorongan dan lemparan pun tak bisa dihindarkan. Suasana bahkan semakin mencekam, setelah 2 kali guncangan ledakan di sekitar kawasan tersebut.

Namun, usut punya usut bentrokan dan ledakan bom tersebut merupakan rangkaian Simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) Operasi Mantap Praja Intan 2024. Sebagai persiapan menuju Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Walikota/Wakil Walikota Banjarmasin.

BACA: Saksikan Langsung Sispamkota, Paman Birin Ajak Semua Bergembira Memilih Pemimpin

Dalam simulasi tersebut, berbagai instansi ikut terlibat, mulai dari personel TNI dan Polri, Satpol PP, Damkar, Dishub, Linmas, hingga KPU dan Bawaslu Kota Banjarmasin.

Kapolresta Banjarmasin, Kombes Pol Cuncun Kurniadi mengatakan, dalam peragaan sispamkota tersebut, sejumlah simulasi pengamanan pemilu diperagakan.

Diantaranya yakni pendistribusian logistik yang diskenariokan mendapat gangguan dan ancaman dari orang tak dikenal. Akan tetapi berhasil diamankan oleh tim pengaman.

Tak hanya itu, pada simulasi sispamkota itu, personel Gegana Brimob Polda Kalsel bersama Polresta Banjarmasin pun, dengan menggunakan pakaian antihuru hara dan kendaraan taktis meperagakan teknik penanganan massa unjuk rasa yang bertindak anarkis.

BACA JUGA: Siap Amankan Pemilu 2024, Polresta Banjarmasin Gelar Simulasi Sispamkota

Simulasi tersebut juga diwarnai adegan ledakan bom yang didapat di Kantor KPU Banjarmasin. Sejumlah personel TNI, Satpol PP, Linmas dan Damkar juga dilibatkan dalam latihan Sispamkota tersebut.

“Jadi kita harapkan dengan latihan ini, personel di lapangan sudah tahu harus berbuat apa dan bertanggung jawab pada siapa,” ungkapnya kepada awak media.

Meski sudah melaksanakan latihan sispamkota, dirinya berharap, di Kota Banjarmasin bisa tetap dalam keadaan kondusif saat Pilkada 2024 mendatang. “Kami sangat yakin dan percaya, karena masyarakat Banjarmasin adalah masyarakat yang taat hukum,” tuturnya.

Meski sudah melaksanakan latihan sispamkota, orang nomor satu di jajaran Polresta Banjarmasin itu berharap, di Kota Banjarmasin berada dalam keadaan kondusif saat pilkada 2024 mendatang. “Kami sangat yakin dan percaya, karena masyarakat Banjarmasin adalah masyarakat yang taat hukum,” tururnya.

BACA LAGI: Jelang Pilkada Serentak 2024, KPU Banjarmasin Gelar Sosialisasi

Sementara itu, Ketua KPU Banjarmasin Rusnailah pun turut berharap, dalam pelaksanaan Pilkada Kota Banjarmasin mendatang, Kota Banjarmasin akan damain dan tentram. “Tentunya kami juga merasa tenang karena telah melihat kesiapan petugas kita. Baik TNI, Polri dan Satpol PP serta jajaran lainnya yang terlibat,” ujarnya.

“Harapannya tentu dengan adanya simulasi tadi, kita merasa jadi tenang dan damai,” pungkasnya.

Dirinya turut mengimbau masyarakat Banjarmasin, agar turut serta mengawasi dan mengamankan pelaksanaan pilkada nantinya.(jejakrekam)

Penulis Fery Hidayat
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.