Antisipasi Karhutla, MPA Lakukan Pembasahan Lahan di Kawasan Bandara dan Hutan Lindung

0

CUACA yang cenderung panas dikhawatirkan muncul titik api, mengantisipasi hal tersebut Masyarakat Peduli Api (MPA) berinisiatif melakukan pembasahan di Kawasan Bandara Syamsudin Noor.

KETUA MPA Laura Achmad Zaenuri mengatakan, pembasahan lahan gambut yang berada di ring 1 kawasan Bandara Syamsudin Noor memang selalu menjadi perhatian bagi warga sekitar, maka kami bentuk lah MPA Laura sejak 2019 lalu.

“MPA di kawasan Bandara Syamsudin Noor ini jumlahnya sekitar 30, rata-rata setiap MPA memiliki 10 hingga 30 personel, katanya, Senin (5/8/2024).

Achmad Zaenuri menambahkan, saat ini memang cuaca cenderung panas, pihaknya selalu memantau kawasan Bandara yang cenderung sudah mulai kering, lanjutnya. Pembasahan dilakukan dibantu masyarakat dan anggota MPA sendiri, Minggu 4 Agustus kemarin.

“Kami dibantu dana operasional dari Polda Kalsel, tentu hal tersebut menjadi penyemangat bagi masyarakat dan anggota MPA Laura,” katanya.

Tidak hanya peduli api, Zaenuri menyampaikan MPA Laura sekarang sudah melebarkan sayap menjadi Masyarakat Peduli Bencana (MPB), kedepannya pihaknya akan berkontribusi apabila ada bencana, termasuk hutan lindung di Kalsel.

“Tujuan dibentuknya MBA semata-mata hanya untuk membantu mempercepat musibah, khusunya bencana alam, baru 3 hari yang lalu kita sudah menerima SK MPB dari BPBD Kalsel,” tutupnya.(jejakrekam)

Penulis Iman S
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.