Penjabat Bupati Barito Utara Tutup Secara Resmi Festival Budaya IMBT Tahun 2024

0

FESTIVAL Budaya Iya Mulik Bengkang Turan (IMBT) Tahun 2024 di eks Bandara Beringin Muara Teweh, secara resmi ditutup oleh Penjabat Bupati Barito Utara, Muhlis pada Senin (29/7/2024) malam.

KELUAR sebagai juara umum yakni Kecamatan Teweh Baru. Sedangkan Kecamatan Teweh Tengah dan Kecamatan Montallat, menyusul di peringkat kedua dan ketiga, di festival tahunan Barito Utara ini.

Pj Bupati Muhlis mengatakan, atas nama masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Barito Utara, menyampaikan ucapan terima kasih kepada kepada panitia pelaksana kegiatan, serta tim penilai atau tim juri Festival Budaya IMBT tingkat Kabupaten Barito Utara Tahun 2024, yang telah melaksanakan tugasnya dengan baik dan objektif.

“Kepada seluruh peserta baik dari kontingen sembilan kecamatan, masyarakat umum ataupun sanggar–sanggar seni budaya, agar terus berkarya dan berkreatifitas. Jadikan usaha yang telah kita laksanakan sebagai pembelajaran serta kebermanfaatan untuk daerah kita,” kata Muhlis.

Dikatakannya, menang atau kalah adalah hal yang wajar dalam perlombaan, yang pasti ajang ini dijadikan sebagai sarana untuk mempererat tali silaturahmi dan menjaga persaudaraan di Bumi Iya Mulik Bengkang Turan ini.

“Saya berharap melalui kegiatan Festival Budaya Iya Mulik Bengkang Turan mampu mempertahankan budaya serta mensosialisasikan bagi generasi muda kita akan kekayaan serta kearifan lokal budaya di Kabupaten Barito Utara,” kata Muhlis.

Muhlis juga berharap kepada Dinas Kebudayaan Pariwisata, Pemuda Dan Olah Raga Kabupaten Barito Utara agar terus menggali dan mencari potensi seni budaya tradisional yang dimiliki, sehingga dapat dikembangkan sebagai sumber pendapatan daerah dari wisatawan lokal maupun mancanegara. Karena salah satu faktor yang menarik kunjungan wisatawan selain kondisi alam, adalah seni budaya daerah.

Sementara itu, Kepala Disbudparpora Barito Utara, Hj Annisa Cahyawati mengatakan, untuk semua peserta yang mendapat juara baik juara harapan I, II dan III diberikan piagam penghargaan dan tropy.

Dalam kegiatan penutupan Festival Budaya IMBT Tahun 2024, dihadiri Pj Sekda Jufriansyah, unsur FKPD, Ketua Komisi III DPRD Barito Utara H Tajeri, staf ahli bupati, asisten sekda, kepala perangkat daerah dan undangan lainnya.(jejakrekam)

Penulis Syarbani
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.