Paman Birin Dan Acil Odah Buka Pameran Perumahan Terbesar Dan Terlengkap

0

GUBERNUR Kalsel, H Sahbirin Noor didampingi Ketua TP PKK Provinsi Kalsel, Hj Raudatul Jannah membuka secara resmi Real Estate Indonesia (REI) Kalsel Expo ke-18 Tahun 2024, pada Rabu (24/7/2024).

PAMERAN perumahan terbesar dan terlengkap di Kalimantan Selatan (Kalsel) ini, digelar oleh DPD REI Kalsel yang berlangsung di Duta Mall, Banjarmasin, tanggal 24 sampai 28 Juli 2024. Menghadirkan 60 stand, terdiri 46 pengembang, 8 perbankan termasuk Bank Kalsel sebagai sponsor utama, serta 6 distributor bahan bangunan.

Hadir pada acara pembukaan tersebut, Perwakilan Ditjen Kementerian PUPR, Kepala Kanwil Perbendaharaan Kalsel, bupati dan walikota se-Kalsel, Waketum REI Pusat, serta tamu undangan lainnya.

BACA: Dukung Pembangunan Perumahan Di Banua, Paman Birin Diganjar Penghargaan Oleh REI Kalsel

Dalam sambutannya, Gubernur Sahbirin atau akrab disapa Paman Birin menyampaikan, dukungan penuhnya terhadap penyelenggaraan pameran perumahan tahunan ini.

Paman Birin mengatakan, bahwa REI Kalsel Expo 2024 menjadi wadah strategis yang mempertemukan pengembang perumahan dengan calon pembeli potensial secara serentak dalam satu tempat yang strategis. “Pemerintah Provinsi Kalsel menyambut baik pameran ini sebagai wadah strategis yang mempertemukan pengembang perumahan dengan calon pembeli potensial secara serentak dalam satu tempat yang strategis,” ujarnya.

Lebih lanjut, Paman Birin mengatakan, bahwa selain menjadi wadah strategis bagi calon pembeli untuk menemukan hunian idaman, REI Kalsel Expo 2024 juga membuka peluang emas bagi para pengembang perumahan untuk memperluas jangkauan pasar mereka.

Paman Birin juga menegaskan, peran penting industri properti dalam pembangunan ekonomi daerah. Ia mengatakan bahwa industri properti, seperti real estate dan konstruksi bangunan, berkontribusi besar terhadap pendapatan pemerintah pusat dan daerah.

BACA JUGA: Buka REI Expo ke-16, Gubernur Minta Developer Bantu Rumah Warga Kurang Mampu

“Industri properti, seperti real estate dan konstruksi bangunan, berkontribusi besar terhadap pendapatan pemerintah pusat dan daerah, selain itu, sektor ini juga penting dalam penyediaan lapangan kerja dan penyerapan tenaga kerja.” jelas Paman Birin.

Lebih lanjut, Paman Birin mengungkapkan bahwa kebutuhan rumah di Indonesia diperkirakan mengalami peningkatan sebesar 700-800 unit per tahun. Angka ini akan terus meningkat seiring dengan lonjakan penduduk menuju Indonesia Emas 2045.

Menurut Paman Birin, perkembangan ini menjadi peluang sekaligus tantangan bagi para pengembang perumahan dan pemerintah dalam menyediakan hunian berkualitas yang terjangkau oleh masyarakat.

“Perlu adanya rencana dan strategi yang matang sejak sekarang, agar pembangunan di bidang pemukiman dapat terus bergerak maju dan memenuhi kebutuhan seluruh lapisan masyarakat,” tegasnya.

BACA LAGI: Dapatkan Program BAIMAN Bank Kalsel di REI EXPO 2023, DP Rumah 0 Persen

Menyadari bahwa generasi milenial dan Gen Z kini menjadi pangsa pasar perumahan yang menjanjikan, Paman Birin menekankan perlunya strategi kreatif dalam menyediakan program pembiayaan rumah yang menarik dan terjangkau, dengan konsep hunian yang sesuai karakteristik modern dan estetik milenial.

“Kerja sama dengan mitra perbankan sangat penting untuk menghadirkan inovasi akses pembiayaan,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua DPD REI Kalsel, Ahyat Sarbini mengatakan, pameran ini semakin menggairahkan bisnis perumahan dan memberi kesempatan bagi masyarakat memilih hunian. ” Banyak promo diberikan, mulai dari kemudahan masyarakat memilih ratusan lokasi perumahan yang ditawarkan dan ada banyak hadiah dan doorprize,” katanya.

Ia mengatakan pada pemeran perumahan tahun ini berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya. “REI Expo tahun ini sangat luar biasa, berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Karena BP Tapera ikut berpartisipasi membuka booth. Dengan harapan semakin dekat dengan masyarakat, khususnya Kalsel,” tutup Ahyat.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.