Buka Rakerda II DPD IWAPI Kalsel, Acil Odah Motivasi Pengusaha Perempuan

0

PARA pengusaha wanita yang tergabung dalam Dewan Pengurus Daerah Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (DPD IWAPI) Provinsi Kalsel, menggelar rapat kerja daerah (Rakerda) II di Banjarmasin, Kamis (25/7/2024).

ACARA dibuka oleh Ketua TP PKK Provinsi Kalsel Hj Raudatul Jannah, atau akrab disapa Acil Odah, dan dihadiri Ketum DPP IWAPI, Dyah Anita Prihapsari dan Ketua DPD IWAPI Kalsel, Shinta Laksmi Dewi beserta jajaran.

Selaku Pembina IWAPI Provinsi Kalsel, Acil Odah memotivasi organisasi pengusaha wanita seperti IWAPI ini, supaya jangan ketinggalan dalam beradaptasi dengan era digital dan globalisasi. Karena kesuksesan dalam berusaha di era digital ini, cukup banyak ditentukan oleh penguasaan digital.

“Jika UMKM perempuan di daerah bisa beradaptasi dengan dunia digital, maka kemampuan daya saing mereka akan tumbuh meningkat pesat dan bisa membuka akses pemasaran yang lebih luas,” ujar Adil Odah.

BACA: Ada Beras Hingga Sayuran, KADIN dan IWAPI Kalsel Gelar Pasar Murah

Oleh karena itu, diperlukan inovasi, sinergi dan kolaborasi yang lebih kuat, agar UMKM yang dikelola oleh perempuan mampu memanfaatkan era digital secara maksimal.

Acil Odah juga menyatakan kagum dan bangga, atas perjuangan pengusaha wanita Banua yang tak kenal lelah dan berpuas diri dalam mengembangkan organisasi IWAPI agar lebih maju dan lebih bermanfaat untuk masyarakat, khususnya bagi kalangan wanita yang ingin eksis dalam dunia usaha.

Acil Odah berharap, tekad dan semangat tak kenal lelah ini selalu bergelora dan menjadi bagian dari spirit memperkokoh banua maju dengan kekuatan rakyat dari kalangan wanita pengusaha di kalsel

Disebutkan, Rakerda ini merupakan momentum penting bagi semua, untuk melakukan evaluasi dan merencanakan langkah-langkah strategis, guna memperkuat peran dan kontribusi IWAPI dalam mengembangkan potensi kewirausahaan prempuan di daerah.

Di forum ini, IWAPI Provinsi kaltsel, kiranya mampu memantapkan konsolidasi organisasi, program dan kegiatan yang bisa menunjukkan scara nyata, peran strategis IWAPI dalam penguatan pemberdayaan prempuan, menuju Kalsel Maju (Makmur, Sejahtera dan Berkelanjutan).

“Kita, para wanita yang ada di Kalsel Babussalam ini, hendaknya jangan sampai tertinggal dari para laki-laki dalam memberikan sumbangsih bagi pembangunan daerah dan memajukan masyarakat, khususnya melalui peran aktif IWAPI dalam mendukung pengembangan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), yang dikelola oleh perempuan,” ungkap Acil Odah.

BACA JUGA: Sinergitas Polda Kalsel dan IWAPI Serahkan Bantuan Modal Usaha ke Pelaku UMKM

Acil Odah juga menyebut, melalui berbagai program dan pelatihan, pendampingan dan akses permodalan, agar mendedikasikan organisasi IWAPI untuk meningkatkan kapasitas dan daya saing perempuan pengusaha.

Acil Odah tak lupa mengajak seluruh pengurus dan anggota IWAPI untuk bersama-sama merumuskan strategi dan program kerja yang lebih efektif dan berkelanjutan. “Mari kita perkuat sinergi dgn berbagai pihak, termasul pemerintah, dunia usaha, dan masyarakat untuk menciptakan ekosistem yang kondusif bagi perkembangan kewirausahaan prempuan,” ajaknya.

Diharapkan juga, rakerda ini dapat merumuskan berbagai rekomendasi yg konstruktif dan implementatif, guna mendukung program-program pmerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan perekonomian daerah.

Dalam rakerda tersebut, turut hadir, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kalsel, Kepala Badan Kesbangpol Kalsel, unsur Kadin Kalsel dan undangan lainnya. Serta pada rakerda ini diisi dengan pengumuman dan penyerahan piagam dan tropi IWAPI Award 2024 untuk kategori IWAPI Cabang Teladan.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.