Bertambahnya Pelanggan Jadi Faktor Meningkatnya Laba PAM Bandarmasih

0

PERUSAHAAN Air Minum (PAM) Perseroda Bandarmasih mencatat terjadinya peningkatan laba bersih, pada catatan keuangan Tahun 2023 yang sangat signifikan.

DIREKTUR Utama PAM Bandarmasih, Muhammad Ahdiyat, yang didampingi Direktur Umum dan Pemasaran, Syahrani serta Dewan Komisaris, Karlina membeberkan laba bersih Tahun 2023 mencapai Rp 25 miliar lebih.

Jika dikomparasikan dengan Tahun 2022 silam yang hanya Rp 22 miliar, maka peningkatan laba PAM Bandarmasih sebesar Rp 2,7 miliar.

BACA: Rencanakan Pasang Pipa Baru, PAM Bandarmasih Akan Tingkatkan Pelayanan

Ahdiyat mengungkapkan, ada sejumlah faktor yang mendorong trend peningkatan laba ini. “Diantaranya yakni bertambahnya jumlah pelanggan serta pendapatan lainnya,” ujarnya.

“Jadi adanya penambahan pelanggan dan pendapatan lainnya sangat tinggi pengaruhnya terhadap peningkatan laba PAM Bandarmasih,” sebut Ahdiyat saat penyampaian Neraca Komparatif di hadapan awak media, di Aula PAM Bandarmasih, Rabu (24/7/2024).

Ahdiat menambahkan, Laporan Keuangan Tahun 2023 ini di audit oleh kantor akuntan publik, Sukardi Hasan dan Rekan, berdasarkan SAK-ETAP dengan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

“Disamping terus meraih WTP selama 23 tahun, PAM Bandarmasih ini juga dari evaluasi Kemendagri Nomor 47 Tahun 1999 memperoleh predikat baik, serta dari Kementerian PUPR memperoleh predikat sehat,” ujarnya.

Masih menurut Ahdiyat, untuk meningkatkan pelayanan yang lebih baik kepada pelanggan, ke depan pihaknya akan mempersiapkan dan meelaksanakan beberapa program baik jangka pendek, menengah, maupun panjang. “Untuk distribusi saat ini kita fokuskan melakukan peningkatan terhadap distribusi pelayanan di kawasan Banjarmasin Barat dan Utara,” ucapnya.

“Jadi untuk infrastruktur seperti perpipaan akan kita lakukan peremajaan, karena memang saat ini untuk kondisi perpipaannya masih terbilang tua, sehingga masih belum maksimal dalam melalukan pelayanan,” ungkapnya.

BACA JUGA: BPKP Kalsel Apresiasi Kinerja Baik PAM Bandarmasih

Dalam upaya mempermudah pelanggan, PAM Bandarmasih juga telah meluncurkan aplikasi Bandarmasih Mobile tahap I. Dimana, dalam aplikasi ini para pelanggan dapat melakukan pengecekan informasi rekening, pengaduan, dan informasi adanya gangguan di lapangan.

“Misalkan adanya gangguan di lapangan, pelanggan bisa melihat langsung informasi dan progres perbaikan di lapangan. Karena dalam aplikasi tersebut sudah terhubung dengan aplikasi petugas di lapangan,” ujarnya lagi.

“Kedepannya akan kita kembangkan lagi untuk tahap ke II, sehingga para pelanggan bisa melakukan transaksi pembayaran dan pendaftaran pemasangan baru, sehingga tidak perlu lagi pelanggan pergi ke kantor,” imbuhnya.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.