Gelar Festival Anak Daerah untuk Meriahkan Hari Anak Nasional di Tanbu

0

BUPATI HM Zairullah Azhar diwakili Asisten Administrasi Umum Hj. Narni, menghadiri Festival Anak Daerah peringatan Hari Anak Nasional, di Gedung Mahligai Bersujud Kapet pada Kamis (11/7/2024).

HADIR Bunda Forum Anak Daerah Hj Wahyu Windarti Zairullah, Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Tanbu, Suci Annisa, Kepala Dinas P3AP2KB Tanah Bumbu Erli Yuli Susanti, perwakilan Forkopimda, DWP, Gatriwara, SKPD, camat, kepala desa, pengurus forum anak, perusahaan, perbankan, dan instansi terkait lainnya.

BACA JUGA: DPMPTSP Tanbu Gelar ‘Peningkatkan Pelayanan Perizinan dan MPP’

Ketua Pelaksana Dela Salsabila Mukmin menyebut, festival mengusung tema “Anak Merdeka dari Kekerasan, Perkawinan Anak, Pekerja Anak, dan Stunting, Serta Merangkai Partisipasi Anak yang Bermakna, Suara Anak Membangun Bangsa.”

Menruutnya, festival dihadiri 300 peserta mencakup berbagai kegiatan seperti pembacaan suara anak, pengukuhan, dan pementasan seni.

Sejumlah penghargaan prestisius yang diraih Forum Anak Daerah, Forum Anak Kecamatan, dan Forum Anak Desa di Tanbu pada 2024, yakni Juara 1 Lomba Presentasi Inovasi Program Kerja pada Temu Forum dan Hari Anak Nasional Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan.

BACA JUGA: Pelatihan Pengelola Pengaduan Aplikasi SP4N-LAPOR! Digelar Diskominfo SP Tanbu

Forum Anak Kecamatan Simpang Empat sebagai Forum Anak Kecamatan Teraktif Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan. Juara 2 Media Sosial Terbaik untuk Kecamatan Satui di tingkat Provinsi Kalimantan Selatan.

Harapan 2 kategori Pentas Seni Kabupaten/Kota untuk Forum Anak Kabupaten Tanah Bumbu. Forum Anak Desa Sungai Danau sebagai Forum Anak Desa/Kelurahan Teraktif di tingkat Provinsi Kalimantan Selatan.

Sifa Rahmawati mengakui, salah satu Pengurus Forum Anak Provinsi yang paling aktif. Azmi Irfala sebagai Pelopor Pengelolaan Data dan Informasi Terbaik Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan.

BACA JUGA: Dinkes Tanbu Gelar Temu Lintas Sektor Program Analisis Situasi Penurunan Stunting

Sehingga Prestasi-prestasi ini menjadi kebanggaan dan motivasi bagi Forum Anak di seluruh Tanbu terus berinovasi dan mencapai prestasi yang lebih tinggi.

Forum Anak Daerah berkomitmen mendukung program “Satu Desa Satu Masjid” yang menjadi bagian dari visi Tanah Bumbu sebagai Serambi Madinah, yang dicanangkan Abah Bupati HM Zairullah Azhar.

Kini terbentuk 12 Forum Anak di kecamatan dan 53 Forum Anak di desa dengan total 809 anggota yang berdedikasi.

Asisten Administrasi Hj Narni, mengucapkan, selamat Hari Anak Nasional dan berharap anak-anak di Bumi Bersujud dapat merasakan kegembiraan melalui Festival Anak Daerah ini.

BACA JUGA: Dinkes Tanbu Gelar Temu Lintas Sektor Program Analisis Situasi Penurunan Stunting

“Momentum Hari Anak Nasional 2024 penting mengingatkan kita semua anak-anak adalah kunci masa depan bangsa. Yaitu menciptakan generasi yang unggul dan berprestasi, kita harus melindungi anak-anak dari kejahatan. Mencegah diskriminasi, dan menjamin pemenuhan hak-hak dasar anak,” ujar Narni.

Ia menekankan pentingnya sinergi seluruh elemen bangsa dan stakeholder. Yaitu dalam memberikan kasih sayang serta pendidikan yang aman dan nyaman bagi anak-anak. ‘Demi tercapainya cita-cita bersama untuk mendukung penuh terwujudnya sumber daya manusia yang berkualitas dan produktif,’ imbuhnya. (jejakrekam)

Penulis Asyikin/Diskominfo
Editor Afdi Achmad

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.