Tingkatkan Kemampuan SDM dari Program Pelatihan Kerja BLK Kalsel yang Menyasar Dua Desa di Tabalong

0

DUA desa di Tabalong yang menjadi sasaran program pelatihan mobile daeri Balai Latihan Kerja (BLK) Kalimantan Selatan, pada tahun ini.

DESA tersebut yakni Desa Banua Lawas, Kecamatan Banua Lawas dan Desa Muara Uya, Kecamatan Muara Uya, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan.

Menurut anggota Komisi IV DPRD Kalsel, Firman Yusi, dirinya sangat mengapresiasi upaya tersebut yang dianggap dapat meningkatkan kemampuan sumber daya manusia (SDM). “BLK Mobile datang ke desa-desa, menjadi sarana bagi warga untuk mendapat pelatihan kerja,” ucapnya, Sabtu (22/06/2024).

Ia mengungkapkan, sebelumnya program tersebut yang sudah dilaksanakan ada di Desa Catur Karya, Desa Kinarum dan Kelurahan Mabu’un.

BACA: Jelang Pemindahan Ibu Kota Negara, Bupati Tabalong Minta Peningkatan Kualitas SDM

Lalu pada 2024 ini berlanjut menyasar Desa Banua Lawas dan Muara Uya. Berikutnya pada 2024 mendatang akan dilakukan di Desa Tanta Hulu dan Pasar Batu. “Tiga tahun terakhir dua sampai tiga program. Tetapi ada keterbatasan juga, tidak semua jurusan yang ada di BLK Provinsi bisa dibawa ke daerah,” ungkapnya.

Adapun tiga program yang dijalankan ke desa-desa meliputi pelatihan montir sepeda motor injeksi, teknisi AC dan menjahit. Selama berjalannya waktu akan dilakukan penambahan untuk jenis pelatihannya. “Ini supaya warga di daerah bisa mendapatkan kesempatan untuk ikut serta dalam pelatihan tersebut,” ungkap Firman.

Dirinya pun juga meminta, agar BLK Kalsel melakukan konsensus dengan desa untuk monitoring peserta pelatihan pasca kegiataan. “Begitu pelatihan selesai, peserta setiap desa yang sudah dilatih dimonitor perkembangannya, apakah sudah berwirausaha, sudah bekerja atau dapat pekerjaan,” pintanya.(jejakrekam)

Penulis hery
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.