Jelang Pemindahan Ibu Kota Negara, Bupati Tabalong Minta Peningkatan Kualitas SDM

0

SEIRING ditetapkannya Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur sebagai Ibu Kota Negara (IKN) yang baru, Kabupaten Tabalong terus berbenah dalam menyiapkan diri sebagai pintu gerbang IKN.

BUPATI Tabalong, Anang Syakhfiani, menegaskan Tabalong pun harus meningkatkan kualitas SDM secara maksimal, karena pemerintah pusat telah menetapkan IKN tahun 2024.

“Kualitas sumber daya manusia orang Tabalong harus ditingkatkan. Kita jangan hanya jadi penonton, namun harus jadi pemain,” kata Anang dalam sambutannya pada saat kegiatan Focus Group Discussion (FGD) terkait kondisi pendidikan di masa pandemi Covid-19 yang digelar oleh Dinas Pendidikan Tabalong belum lama tadi.

Menurut Anang, peningkatan kualitas SDM ini bisa dimulai dari menggenjot sektor pendidikan yang ada di Tabalong. Ia mengingatkan, meski di masa pandemi, jangan sampai semua semua pihak mengabaikan hal ini.

Ditambahkannya, generasi penerus yang saat ini sedang dalam proses pendidikan disemua jenjang harus diberikan bekal sebanyak mungkin, agar mereka mampu berkontribusi secara optimal dalam pembangunan bangsa sekaligus mampu bersaing dengan bangsa lain di dunia.

BACA JUGA:Menyongsong IKN, Komisi III Dukung Pembangunan Pintu Gerbang di Ujung Tabalong

Untuk merealisasikan hal tersebut, peran optimal dari seluruh pemangku kepentingan, baik tenaga pendidik dan tenaga kependidikan, orang tua, maupun masyarakat semua memiliki peran yang sangat penting dan strategis.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tabalong, Mahdi Noor mengatakan, tujuan dilaksanakan FGD tentang kondisi pendidikan ini adalah untuk memajukan daerah, khususnya dunia pendidikan.

“Baik pendidikan agama maupun pendidikan umum sama-sama mendidik sumber daya Manusia Kabupaten Tabalong,” bebernya.

Pihaknya berupaya untuk membangun Kabupaten Tabalong dengan kualitas sumber daya manusia yang sangat mumpuni. “Jadi, sebenarnya kita ingin membangun sinergi bagaimana kita menyiapkan sumber daya manusia di Kabupaten Tabalong ini supaya menjadi sumber daya manusia yang unggul, tangguh dan berdaya saing,” ujarnya.

FGD ini sendiri dilaksanakan di Aula Wisma Tamu Bersinar Pembataan Tanjung dengan melibatkan para tenaga pendidik dan sejumlah instansi terkait.(jejakrekam)

Penulis Herry Yusminda
Editor Donny

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.