Ratusan Warga Tabalong Ikuti Seleksi Pelatihan Satpam Gada Pratama 2024

0

PELATIHAN Satpam Gada Pratama 2024, yang diselenggarakan Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Tabalong, melaksanakan tes kesiapan fisik atau Samapta.

TES Samapta dilaksanakan selama dua hari, diikuti oleh 430 orang yang dibagi 2 kelompok. Setiap harinya pada 19 dan 20 Juni 2024, 215 peserta mengikuti tes tersebut.

Selain tes Samapta, para peserta juga mengikuti verifikasi administrasi, tes tertulis dan wawancara di Balai Latihan Kerja (BLK) Tanjung, Rabu (19/6/2024).

BACA: Diksar Satpam Gratis Untuk 100 Orang oleh Disnaker Tabalong

Kabid Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja Disnaker Tabalong, Fahmi Saputra menerangkan, pihaknya telah memvalidasi setiap peserta yang mengikuti pelatihan.

Kemudian, peserta mengikuti tes Samapta yang tujuannya untuk mempersiapkan fisik. “SOP-nya, Satpam itu harus kuat mental dan fisiknya, karena saat asrama nanti akan lebih berat lagi,” jelasnya.

Ditambahkannya, hasil seleksi selama dua hari ini akan diumumkan 100 orang yang memenuhi syarat untuk mengikuti pelatihan satpam tersebut.

“Kami harap peserta ikuti pendidikan dengan sungguh-sungguh, karena ini sebagai modal nanti untuk mencari pekerjaan dan juga tugas kami untuk mengurangi angka pengangguran,” tambah Fahmi.

BACA JUGA: Jelang Perubahan Status Satpam Non ASN, Disnaker Tabalong Akan Gelar Pelatihan

Sementara, Wakil Direktur Wilayah Kalsel PT Prima Sekuriti Indonesia, Sukiman menjelaskan, selama pendidikan satpam diberikan materi kelas dan lapangan.

Untuk materi kelas yang akan dipaparkan terkait pembentukan sikap, mental, materi tentang tugas pokok satpam. Sedangkan materi lapangan tentang penguasaan drill borgol Polri seri satu sampai tiga, dan teknik drill tongkat letter T seri satu sampai empat. “Jadi selama pelatihan 10 hari ini akan sangat padat,” jelasnya.

Diketahui usai mengikuti pendidikan satpam, para peserta akam mendapatkan ijazah Gada Pratama, KTA Satpam dan satu set seragam satpam terbaru.(jejakrekam)

Penulis hery
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.