Kadis Nakertranskop UKM Resmi Tutup Pelatihan Menjahit Dan Operator Komputer

0

SELAMA satu bulan lebih sejumlah warga Barito Utara mengikuti pelatihan yang diselenggarakan oleh Disnakertranskop UKM Kabupaten Barito Utara.

PELATIHAN yang dilaksanakan di UPTD Balai Latihan Kerja (BLK) pada Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, Koperasi dan UKM (Disnakertranskop UKM) Barito Utara ini, adalah pelatihan menjahit pakaian dengan mesin dan operator komputer muda. Dan resmi berakhir serta ditutup oleh Kepala Disnakertranskop UKM Barito Utara, M Mastur, di aula dinas setempat, Kamis (13/6/2024).

Dalam kegiatan pelatihan tersebut, diikuti sebanyak 48 orang peserta yang dibagi dalam tiga kelas. Untuk peserta pelatihan menjahit pakaian dengan mesin diikuti sebanyak 16 orang. 1 kelas dan opearator komputer muda 2 kelas sebanyak 32 orang yang dibagi menjadi kelas, dimana para peserta berasal dari Kecamatan Teweh Tengah, Teweh Timur, Teweh Baru, Teweh Selatan, Lahei, Montallat dan Gunung Timang.

BACA: Disnakertranskop UKM Barito Utara Kembali Buka Pelatihan Operator Alat Berat

“Percepatan peningkatan pembangunan di segala bidang terus dan terus dilakukan, termasuk percepatan pembangunan sumber daya manusia (SDM) di Kabupaten Barito Utara, diantaranya adalah melalui pendidikan dan pelatihan vokasi dan berbasis kompetensi yang dilaksanakan,” kata Kadis Nakertranskop UKM Barito Utara, M Mastur saat akan menutup kegiatan pelatihan.

M Mastur berharap kepada semua peserta pelatihan, untuk tidak hanya berhenti sampai selesainya pelatihan ini saja, tetapi harus selalu terus berusaha untuk meningkatkan pengetahuan dan mengembangkan kemampuan keterampilan atau skillnya secara profesional dan kompetitif disegala bidang, selaras dengan perkembangan yang begitu cepat pada saat ini.

Pada kesempatan itu Mastur juga meminta kepada kaum milenial di daeah ini, agar terus meningkatkan kompetensi pengetahuan, wawasan dan keterampilan dengan demikian diharapkan dapat cepat dan mudah mendapatkan dan menciptakan pekerjaan.

BACA JUGA: Disnakertranskop UKM Barito Utara Buka Pemagangan Dalam Negeri Tahun 2024

“Yang tentunya akan berdampak kepada peningkatan pendapatan untuk memenuhi kebutuhan pokok ekonomi keluarga dan penurunan angka pengangguran dan kemiskinan di Kabupaten Barito Utara,” ucap Mastur.

Kepala UPTD BLK Barito Utara, Akurnadi mengatakan, kegiatan pelatihan menjahit pakaian dengan mesin dan operator komputer muda merupakan merupakan kegiatan pelatihan yang bersumber dana yang berasal dari dana APBN Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas.

“Untuk out put kegiatan pelatihan menjahit pakaian dengan mesin agar dapat mengopresaikan menjahit serta dapat membuat baju, rok dan celana. Sedangkan pelatihan opoerator komputer muda dapat mengoperasikan komputer berupa ketikan Ms Word, Ms Excel dan Ms Power Point dalam bentuk buku yang dijilid,” kata dia.(jejakrekam)

Penulis Syarbani
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.