Miliki Segudang Inovasi, Hikun Dan Maburai Wakili Tabalong Di Lomba Desa/Kelurahan Tingkat Provinsi

0

KEPALA Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DMPD) Tabalong, Achmad Rahardian Noor berharap agar Kelurahan Hikun dan Desa Maburai yang masuk lima besar pada lomba desa/kelurahan tingkat provinsi, bisa kembali meraih prestasi.

KELURAHAN Hikun, Kecamatan Tanjung dan Desa Maburai, Kecamatan Murung Pudak, Kabupaten Tabalong mengikuti lomba desa/kelurahan tingkat Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2024, setelah melalui serangkaian proses penilaian tim penilai lomba di tingkat kabupaten.

“Mudahan-mudahan Hikun dan Maburai ini bisa mengulang kembali lagi seperti Tahun 2023 kemarin. Ibarat seperti Real Madrid bisa setiap tahun juara Liga Champions,” ucap Rahardian sambil tersenyum, saat menyambut kunjungan tim penilai lomba desa/kelurahan tingkat Kalsel di Hikun Agri Park, Rabu (12/06/2024).

BACA: Tim Penilai Lomba Desa/Kelurahan Tingkat Kalsel Sambangi Dua Desa di Tabalong

“Kami bersyukur tentu Kelurahan Hikun dan Desa Maburai ini masuk dalam nominasi penilaian lomba desa dan kelurahan tingkat Kalimantan Selatan,” ungkapnya.

Ia mengungkapkan, ada beberapa hal yang menjadi tolak ukur dalam lomba tersebut bagi tim penilai provinsi yang bisa dipertimbangkan.

Di Kelurahan Hikun mempunyai tiga inovasi, diantaranya Hijau Rimbun yaitu gerakan revolusi hijau menanam, menanam dan menanam pohon untuk anak cucu kita.

Lalu, inovasi Alat Pengukur Kesuburan Tanah (Alpektan) bagi petani dan Buku Digitalisasi yang memberikan pelayanan dalam upaya meningkatkan minat baca di Hikun.

Selain itu, Kelurahan Hikun juga memiliki produk unggulan yang pemasarannya dilakukan melalui media sosial seperti kue kering, kue basah dan keripik pisang dengan omset puluhan juta Rupiah.

BACA JUGA: BUMDes Berkah Bersama Maburai akan Wakili Tabalong Ikuti Lomba Tingkat Provinsi

Dilanjutkan Rahardian, Desa Maburai merupakan salah satu desa yang menjadi pelopor desa digital dan berstatus desa mandiri pertama di Tabalong, pada 2019 lalu.

“Kemarin juga ditunjuk oleh Dinas Kesehatan Kalsel sebagai Desa Peduli TBC dan desa pertama di Kalsel pada 2021,” lanjutnya.

Desa Maburai juga memiliki sejumlah inovasi yakni inovasi Sistem Informasi dan Pelayanan Maburai Idaman (Sipaman), Pengelolaan Air Minum Desa (PAMDes), Unit Pengumpul Zakat (UPZ) dan Mitra BUMDes.(jejakrekam)

Penulis hery
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.