Ditpolairud Polda Kalsel Gagalkan Pengiriman Kayu ke Surabaya

0

PENYELUDUPAN kayu masih saja terjadi. Ribuan kayu jadi dari berbagai jenis yang bakal dikirim ke Surabaya, berhasil digagalkan jajaran Direktorat Kepolisian Perairan dan Udara (Ditpolairud) Polda Kalsel awal bulan Juli 2024.

SEBELUMNYA, kayu hasil hutan dari Kalimantan Tengah itu berhasil berhasil lolos empat kali pengiriman. Namun saat pengiriman ke lima kali, petugas berhasil mengamankan 32 meter kubik kayu meranti, sebelumnya para pelaku berhasil mengirim kayu sebanyak 130 meter kubik.

Direktur Ditpolair Polda Kalsel, Kombes Pol Andi Adnan mengatakan, penyelundupan ini dilakukan para tersangka dengan membuat dokumen palsu, yakni dokumen penerbitan hasil hutan, dari pemilik usaha dagang yang punya legalitas, yakni dari Usaha Dagang Bina Bersama.

BACA : Pembalakan Liar Masih Terjadi, 371 Potong Kayu Ulin Diamankan Ditreskrimsus Polda Kalsel

“Saat di Pelabuhan Trisakti, pelaku sempat melarikan diri. Dan saat kami selidiki, ternyata dokumen itu bukan dikeluarkan oleh yang bersangkutan,” katanya saat Konferensi Pers, Kamis (13/6/2024).

Kayu ini ada pesanan dari seseorang. Oleh tersangka LAD kayu dicarikan ke Sungai Hayu Kalteng. Setelah dapat, LAD meminta tersangka lain untuk mengurus surat hasil hutan palsu dengan memakai milik orang lain.

“Ditpolairud Polda Kalsel awal bulan tadi, tepatnya 1 Juni juga berhasil menggagalkan pengiriman kayu Terentang sebanyak 60 meter kubik di dua kapal, di perairan Sungai Danau, HSU yang datang dari Sungai Jaya, Kalteng,” jelasnya.

BACA JUGA : Tren Laka Laut Meningkat, Ditpolairud Polda Kalsel Gelar Rakor Pengamanan Mudik Lebaran 2024

Kayu yang mereka bawa ini juga tak memiliki dokumen lengkap, kami masih melakukan penyelidikan, mencari siapa pemilik utamanya,” tandasnya.

Apresiasi diberikan atas keberhasilan tersebut oleh Kepala Bidang Perlindungan dan Sumber Daya Alam dan Ekosistem (PKSDAE), Pantja Satata yang turut hadir dalam konferensi pers.

“Kami sangat mengapresiasi atas penanganan kasus ilegal loging terutama yang berada di Kalsel dan Kalteng, petugas kita sendiri memang tidak ada di perairan dan kita fokus ke kawasan hutan,” tutupnya.(jejakrekam)

Penulis Iman S
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.