Normalisasi Sungai Program NUFReP Akan Dimulai Bulan Depan

0

PROGRAM normalisasi sejumlah sungai di Banjarmasin yang merupakan proyek National Urban Flood Resilience Project (NUFReP), direncanakan akan segera dimulai.

PROYEK yang digarap oleh Direktorat Jenderal Sumber Daya Air, Kementerian PUPR, melalui Badan Wilayah Sungai (BWS) Kalimantan III ini, dengan suntikan dana sebesar Rp 1 triliun. Dan jangka program 5 tahun mulai dari 2023 hingga 2028.

Dari program ini, akan ada beberapa sungai yang akan dinormalisasi. Mulai dari Sungai Veteran sepanjang 3,5 kilometer, Sungai Sutoyo S (Teluk Dalam) sepanjang 3,5 kilometer, Sungai A Yani dan Sungai Guring yang masuk wilayah Sungai Pekapuran dengan panjang 3,2 kilometer dan 3,8 kilometer Sungai Guring.

BACA: Program NUFreP Tunggu Uang Pembebasan Lahan, Pemkot Banjarmasin Harus Siapkan Rp 300 Miliar

Kepala Bidang Sungai, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Banjarmasin, Hizbulwathony menerangkan, proyek ini akan dimulai dari Sungai Veteran terlebih dahulu. “In syaa Allah bulan depan sudah berkontrak. Saat ini sedang proses lelang, dan untuk bulan Juni dipastikan sudah ada pemenang,” ucapnya, Rabu (12/6/2024).

Pengerjaan normalisasi Sungai Veteran ini pun dikatakannya, akan dibagi dalam beberapa tahap. Yang mana untuk tahap pertama sendiri akan dikerjakan mulai dari Klenteng Soetji Nurani hingga Jalan Simpang Ulin.

“Sepanjang kawasan itu sudah beres untuk pembebasan lahannya. Hanya saja ada beberapa tempat yang belum, seperti D’Master dan Klenteng, ” ujarnya.

“Untuk Klenteng masih kita lakukan pendekatan. Namun untuk D’Master ini, karena mereka masih belum setuju dengan harga yang ditawarkan Pemerintah Kota (Pemkot),” sambungnya.

Meski demikian, pengerjaan akan tetap dilakukan sesuai jadwal dengan mendahulukan tempat yang telah beres pembebasan lahannya. Dimana untuk pembebasan lahan sendiri, Pemkot Banjarmasin menyiapkan dana hingga Rp 90 miliar untuk tahap yang pertama ini.

BACA JUGA: BWS Kalimantan III Masih Tunggu Pemkot Banjarmasin Bebaskan Lahan

Thony menerangkan, untuk pengerjaan di tahap pertama ini, akan langsung dibuatkan jalan baru di sekitar Jalan Simpang Ulin.

Digambarkannya, nanti ketika keluar Jalan Simpang Ulin dari arah Duta Mall, pengendara tak lagi akan naik jembatan. “Jadi akan langsung belok, ke area ruko dan perumahan. Karena sepanjang kawasan itu akan dibuat menjadi jalan,” jelasnya.

Dirinya pun berharap, agar pengerjaan normalisasi Sungai Veteran di tahap pertama ini bisa berjalan dengan baik. “Agar masyarakat bisa melihat hasilnya, sehingga di tahap selanjutnya bisa lebih nyaman,” tandasnya.(jejakrekam)

Penulis Fery Hidayat
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.