Bimtek Penyusunan Masterplan Smart City Digelar Diskominfo SP Tanbu

0

DINAS Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfo SP) Tanbu menggelar bimbingan teknis (Bimtek) penyusunan Masterplan Smart City dan Quick Win program unggulan tahap 1.

BUPATI Abah HM Zairullah Azhar diwakili Asisten Administrasi Umum, Narni, membuka acara tersebut, pada Selasa (11/6/2024) di Kantor Bupati Tanbu, Batulicin.

BACA JUGA: Pemkab Tanbu Distribusikan Sembako di Sungai Loban

Kepala Diskominfo SP Tanbu, Al Husain Mardani menyebut peserta bimtek kali ini diikuti seluruh SKPD Lingkup Pemkab Tanbu, Camat, Lurah, Desa, serta pelaku usaha terkait infrastruktur jaringan.

Menurut Al-Husain, bimtek digelar bertujuan memetakan kondisi Kabupaten Tanah Bumbu terkait Smart City. Baik berkaitan dengan pembangunan fisik maupun non fisik.

Selain itu, merumuskan arah kebijakan pembangunan Smart City di Bumi Bersujud. Serta merumuskan model inplementasi Kota Cerdas untuk Kabupaten Tanah Bumbu.

BACA JUGA: Dinsos Tanbu Dirikan Dapur Umum

“Harapannya dengan bimtek ini yakni terciptanya kesamaan persepsi, gerak dan langkah seluruh pemangku kepentingan di Tanbu. Juga terbentuknya komitmen dalam mendukung Smart City serta terbentuknya sinergitas lintas sektor dan lintas pemangku kepentingan,” ucapnya.

Bupati Abah HM Zairullah Azhar melalui Asisten Administrasi Umum Narni, mengatakan atas nama pemerintah daerah menyambut baik dan mengapresiasi terlaksananya bimtek penyusunan Master Plan Smart City dan Quick Win program unggulan tahap 1 di Kabupaten Tanah Bumbu.

Sebab, sambungnya, bimtek salah satu kegiatan yang tertuang dalam nota kesepakatan inplementasi Gerakan Menuju Smart City Tahun 2024 yang sudah disepakati Dirjen Aplikasi Informatika Kemkominfo dengan Bupati Tanbu.

BACA JUGA: Gelar Harganas ke-31, Dinas P3AP2KB Tanbu: Pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor

“Harapannya terbentuknya dokumen perencanaan pembangunan dan pengembangan Smart City dapat menjadi panduan dalam menunjang implementasi Smart City di Bumi Bersujud,” tambahnya.

Tenaga Ahli Masterplan Smart City, Fitrah Rachmat Kautsar, mengaku, bimtek merupakan tindaklanjut kerjasama Kemkominfo dengan Bupati Tanah Bumbu terkait penyusunan Master Plan Smart City.

“Kegiatan ini rangkaian program prioritas nawacita Presiden Joko Widodo untuk mewujudkan Kota Cerdas di seluruh Indonesia,” tuturnya.

BACA JUGA: Tanbu Raih Juara Umum Jambore Kader Posyandu Tingkat Kalsel

Hingga saat ini, sebutnya, sudah terdapat 251 Kabupaten dan Kota yang memiliki dokumen perencanaan Smart City di seluruh Indonesia yang diawali sejak 2017 sampai kini.

Selain itu, sudah ada 2 Provinsi yang memiliki perencanaan Smart Province yaitu Jawa Barat dan DI Yogyakarta.

“Kabupaten Tanah Bumbu di 2024 ini menjadi bagian dari komunitas daerah-daerah Smart City di Indonesia,” imbuhnya. (jejakrekam)

Penulis Asyikin/Diskominfo
Editor Afdi Achmad

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.