DPRD Barito Utara Gelar RDP Terkait Pelayanan Kesehatan

0

RAPAT dengar pendapat (RDP) terkait pelayanan kesehatan di RSUD Muara Teweh dan puskesmas se Kabupaten Barito Utara, digelar di ruang rapat Sekretariat DPRD, Senin (3/6/2024).

DIPIMPIN oleh Ketua DPRD, Hj Mery Rukaini yang didampingi Wakil Ketua I, H Parmana Setiawan, diahdiri pula oleh anggota DPRD serta dihadiri staf ahli bupati, drg Dwi Agus Setijowati.

Turut hadir, Sekretaris Dinas Kesehatan, Ruyanto. Direktur RSUD Muara Teweh, dr Tiur Maida, Sekretaris BKPSDM, Ira Akhmadi, Kepala BPJS kesehatan Cabang Muara Teweh, Achmadi Zainuddin dan kepala Puskesmas se-Barito Utara.

Hj Mery Rukaini menyampaikan, bahwa rapat dengar pendapat ini digelar dalam rangka merespon banyaknya laporan dari warga masyarakat kepada DPRD melalui telpon dan whatsapp, yang mengeluhkan layanan kesehatan se-Barito Utara yakni pada rumah sakit, puskesmas maupun puskesman pembantu (pustu).

BACA: DPRD Barito Utara Bersama Perusda Batara Membangun Gelar RDP

Ketua Komisi III DPRD, H Tajeri memberikan masukan kepada RSUD Muara Teweh mulai dari fasilitas kebersihan toilet, AC dan sampah. Serta ketegasan aturan yang sudah berjalan untuk jam besuk pasien, dan jumlah keluarga yang menunggu pasien di RSUD Muara Teweh. “Saya meminta Direktur RSUD mengusulkan ke pemerintah daerah, untuk (menyiapkan) dokter spesialis paru di RSUD Muara Teweh,” ucap H Tajeri.

Di kesempatan yang sama, anggota Komisi III DPRD, Hasrat, meminta kepada Dinas Kesehatan untuk proaktif jemput bola turun langsung ke desa-desa, kelurahan dan kecamatan. Terkait menyampaikan langsung daftar nama-nama yang ditanggung oleh pemerintah daerah, untuk di cek kembali daftar nama yang masih aktif atau tidak.

“Sehingga nantinya masyarakat yang dari desa tidak bingung saat ingin berobat ke RSUD Muara Teweh, bahwa BPJS Kesehatan yang sudah mereka buat atau yang dibawa sudah tidak aktif lagi,” ungkap Hasrat.

Menanggapi terkait kepesertaan masyarakat Barito Utara pada program jaminan kesehatan, Kepala Kantor BPJS Kesehatan Cabang Muara Teweh, Acmad Zainuddin menerangkan, bahwa dari jumlah penduduk Barito Utara 159.732 jiwa sekitar 98 persen yang sudah terdaftar, per 1 Mei 2024. Yang aktif sekitar 60 hingga 61 persen.

BACA JUGA: RSUD Muara Teweh Raih Akreditasi Paripurna

Namun per 1 Juni 2024, ada penambahan peserta yang didaftarkan pemerintah daerah dengan persentase 76 hingga 77 persen, atau sekitar 124.000 jiwa yang aktif.

“Pemerintah daerah bersama Dinas Kesehatan, Dinas Sosial PMD dan Dinas Dukcapil, apabila ada masyarakat yang tidak memiliki BPJS tidak perlu menunggu lama. Selama NIK KTP terdaftar di Dinas Dukcapil, bisa langsung didaftarkan dan aktif, sehingga bisa mendapatkan penjaminan pelayanan kesehatan,” kata Achmad Zainuddin.

Sementara itu, Direktur RSUD Muara Teweh, dr Tiur Maida mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, khususnya anggota DPRD Barito Utara yang selalu memberikan respon positif kepada RSUD Muara Teweh.

“Dengan adanya RDP ini, saya bersama tim RSUD Muara Teweh akan terus berbenah terkait kekurangan dan pelayanan di RSUD Muara Teweh,” kata Tiur Maida.(jejakrekam)

Penulis Syarbani
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.