Dukung IKN, Bandara Gusti Sjamsir Alam Kotabaru Lakukan Perpanjangan Runway

0

PENGEMBANGAN Bandar Udara Gusti Sjamsir Alam Kotabaru terus dilakukan. Salah satunya dengan proyek perpanjangan runway atau landasan pacu.

KEPALA Bandara Kotabau, Agus Heriyanto mengatakan, perpanjangan runway atau landasan pacu ini memanfaatkan lahan yang sudah ada dan dibiayai dari APBN 2024

“Ini merupakan usulan lama dan alhamdulillah dapat terealisasi dan pengerjaannya sudah berjalan tiga bulan ini,” ucap Agus Heriyanto, Selasa (28/5/2024).

BACA : Ungkap Sejarah Gusti Syamsir Alam, LAKPL Siap Bersinergi Dengan Pengelola Bandara

Ia menyebut adapun kontraktor pelaksana dari perpanjangan runway ini adalah PT Noor Jaya Perkasa asal Sulawesi dimana nilai proyeknya sebesar Rp 46,8 Milyar. “Sudah dikerjakan sejak Maret lalu dan harus selesai pada Agustus mendatang,” jelas Agus.

Pihaknya, sebut dia juga minta penambahan pemasangan Air Field lighting (AFL) System’ atau pemasangan lampu runway dengan sisa anggaran yang ada. Selain itu juga ada pergeseran PAPI dan lain lain. “Mudah mudahan bisa diselesaikan tepat waktu sesuai dengan yang sudah ditentukan. Jangan sampai molor,” harap Agus.

BACA JUGA :  Jaga Adat, Kerajaan Pulau Laut Bentuk Lalawangan Negeri

Jika perpanjangan runway atau landasan pacu ini sudah selesai, diharapkan Bandara Gusti Syamsir Alam Kotabaru bisa didarati pesawat berbadan besar jenis Boeing. Hal ini dikarenakan animo masyarakat untuk transportasi udara yang cukup tinggi.

“Landasan pacu di bandara ini memiliki panjang 1.850 meter. kita tentu berharap selain mendukung sektor pariwisara bandara Gusti Sjamsir Alam juga dapat menjadi penunjang perpindahan ibukota negara,” pungkas Agus.(jejakrekam)

Penulis Jumanti Liany
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.