BAZNAS Kalsel Pastikan Penyaluran Hewan Kurban Tepat Sasaran dan Berkualitas

0

BAZNAS Provinsi Kalimantan Selatan terus bergerak, dalam program Kurban Berkah 1445 Hijriyah. Salah satu fokus utamanya adalah memastikan penyaluran hewan kurban tepat sasaran dan berkualitas.

WAKIL Ketua II BAZNAS Kalsel, H Gurdani Syukur menyampaikan, bahwa pihaknya akan mengirim daging kurban ke beberapa desa. “Kami memprioritaskan daerah yang jarang menikmati hewan kurban untuk penyaluran daging kurban tahun ini,” ujarnya.

Ditambahkannya, beberapa desa tersebut diantaranya ada di Kabupaten Barito Kuala, yang menjadi target penyaluran hewan kurban.

BACA: Siap Tebarkan Kebahagiaan di Idul Adha 1445 H, Masyarakat Dimudahkan dengan Kurban Berkah BAZNAS

Beliau mengungkapkan, untuk memastikan daging dikirim dalam keadaan masih segar dan baik, maka pihaknya membatasi jarak penyaluran, yakni tidak melebihi 30 KM dari pusat penyembelihan.

“Untuk daerah yang agak jauh, kami akan mengirimkan hewan kurban langsung ke daerah tersebut,” jelas Gurdani.

Pengalaman BAZNAS Kalsel dalam penyaluran hewan kurban pun terbilang istimewa. BAZNAS Kalsel pernah menjangkau daerah pegunungan Meratus di Hulu Sungai Tengah, Balangan, Hulu Sungai Selatan dan Kabupaten Banjar di Paramasan. Maka tim yang diterjunkan pun, harus bermalam sebelum pelaksanaan penyembelihan.

“Namun, kami merasa bahagia sekali bisa berbagi dengan mereka yang benar-benar membutuhkan. Masyarakat sekitar pun sangat merasa terbantu dan diperhatikan, karena BAZNAS Kalsel memberikan perhatian khusus kepada saudara yang jauh dari perkotaan,” ungkap H Gurdani.

Selain fokus pada penyaluran, BAZNAS Kalsel juga menjalin kerjasama dengan beberapa Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkup Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan dalam pelaksanaan ibadah kurban.

Kerjasama ini termasuk diantaranya dengan Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Selatan dan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan dan juga Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Selatan. Bahkan, pihaknya juga berkerjasama dengan UPZ Bakti Bersama Hasnur Group.

BACA JUGA: Luncurkan Program Bakti Banua, Baznas Kalsel : Demi Jaga Alim Ulama dan Anak Yatim

Noor Huda Fikri, Kepala Bidang Pendistribusian BAZNAS Kalsel menjelaskan, bahwa kerjasama dengan sejumlah dinas tersebut telah berjalan selama beberapa tahun belakangan.

“Dinas ini termasuk dari Unit Pengumpul Zakat (UPZ) BAZNAS Kalsel yang rajin mengumpulkan infak dan mensupport kegiatan-kegiatan BAZNAS Kalsel,” jelas Huda.

BAZNAS Kalsel masih membuka peluang bagi masyarakat Kalimantan Selatan yang ingin menunaikan ibadah kurbannya melalui BAZNAS Kalsel.
BAZNAS Kalsel memastikan bahwa penerima daging hewan kurban benar-benar disalurkan kepada yang berhak dan dikelola dengan baik.

Disampaikan, ada beberapa kemudahan bagi masyarakat yang ingin berkurban dengan Baznas Kalsel. Calon pekurban atau mudhohi bisa menitipkan ibadah kurbannya melalui kanal website resmi BAZNAS Kalsel di https://kalsel.baznas.go.id/kurban, atau konsultasi terlebih dahulu untuk mendapatkan informasi di WA 0811 5133 613 dan memantau kegiatan BAZNAS Kalsel di @baznaskalsel.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.