Rencana Operasi Pasca Tambang PT Bumi Karunia Pertiwi

0

DI HADAPAN Pemkab Barito Utara dan sejumlah masyarakat, PT Bumi Karunia Pertiwi sampaikan rencana pasca tambang, pada Senin (27/5/2024).

PERUSAHAAN tambang batu bara yang beroperasi di wilayah Desa Panaen, Kecamatan Teweh Baru dan Desa Pelari, Kecamatan Gunung Timang, masih tahap eksplorasi.

Asisten Administrasi Umum Setda Barito Utara, Yaser Arafat saat memimpin konsultasi publik mengatakan, pemkab sangat mengapresiasi apa yang dilakukan oleh perusahaan.

Ditegaskannya, ada tiga hal yang perlu diperhatikan dalam pasca tambang yaitu terkait bekas tambang, bekas fasilitas penunjang hubungan kerja bagi karyawan.

BACA: PT EBS Rencanakan Program Penambangan di Barito Utara

“Saya berharap kepada seluruh peserta konsultasi publik agar dapat benar benar berpartisipasi dalam memberikan masukan dalam kegiatan ini,” kata Yaser Arafat, saat rapat berlangsung di aula setda pemkab setempat.

Yaser Arafat juga berharap kegiatan pasca tambang adalah kegiatan terencana, sistematis dan berlanjut setelah akhir sebagai seluruh kegiatan usaha pertambangan. Hal ini, untuk memulihkan fungsi lingkungan alam dan fungsi sosial menurut kondisi lokal seluruh wilayah.

“Saran dan masukan stakeholder yang hadir sudah masuk membahas pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat, penanganan stunting juga memberdayakan potensi lokal seperti tradisi di masyarakat,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Syarbani
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.