Peserta Magang Ditempatkan Pada 14 Perusahaan Di Barito Utara

0

SEBANYAK 50 peserta pemagangan dilepas oleh Penjabat Bupati Barito Utara, Muhlis di aula Bappeda Litbang Muara Teweh, Selasa (21/5/2024).

MENURUT Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, Koperasi dan UKM Barito Utara, M Mastur, para peserta pemagangan ini akan ditempatkan di 14 perusahaan yang beroperasi di wilayah Kabupaten Barito Utara.

“50 orang tersebut terdiri dari sembilan jurusan, yakni Administrasi Perkantoran, Mekanik Alat Berat, Mekanik Sarana, Helper Mekanik, Crew Survey, Operasional Lapangan, Geologi Pertambangan, Komputer dan Jaringan, serta Kimia Analis,” bebernya.

BACA: Rakor Ketenagakerjaan Pemagangan Dalam Negeri oleh Disnakertranskop UKM Barito Utara

Ditambahkan Mastur, peserta mengikuti pemagangan selama lima bulan. Terhitung dari tanggal 21 Mei 2024 sampai dengan 21 Oktober 2024.

“Adapun ke-14 perusahaan yaitu, Bharrinto Eka Tama site TCM, PT Tambang Raya Usaha Tama site BEK, PT Suprabari Mapanindo Mineral site Sekako, PT Unirich Mega Persada site Hajak, PT Kalimas Kharisma site Jingah dan PT Harmoni Panca Utama jobsite BDA,” bebernya lagi.

“Kemudian, PT Mega Multi Energy site Sikui, PT Sinar Nirwana Sari site BEK, PT Sinergi Hutan Sejati site Kemawen, Perusda Batara Membangun, PT Fontana Resources Indonesia site Hajak, PT Victor Dua Tiga Mega, PT POS Indonesia dan PDAM Muara Teweh,” sambungnya.

Dikatakan Mastur, maksud dan tujuan dari pemagangan dalam negeri Tahun 2024 ini berharap dengan adanya pemagangan ini agar peserta magang memperoleh pengalaman, keahlian dan keterampilan serta kompetensi tenaga kerja yang diperlukan untuk menghadapi dunia kerja yang sesungguhnya.

BACA JUGA: Pemagangan Dilakukan Dalam Upaya Percepatan Peningkatan Kompetensi Tenaga Kerja

Selain itu, percepatan peningkatan daya saing tenaga kerja Kabupaten Barito Utara, penciptaan lapangan kerja, penanggulangan inflasi dan pengangguran di Kabupaten Barito Utara.

“Diharapkan peserta magang ini dapat direkrut menjadi karyawan perusahaan dimana tempat mereka melakukan pemagangan,” kata Mastur.

Dan juga untuk mempererat hubungan kerjasama, sinergisitas dan koloborasi program dan kegiatan dengan perusahaan daerah maupun swasta dalam upaya peningkatan kompetensi dan rekrutmen tenaga kerja Kabupaten Barito Utara.(jejakrekam)

Penulis Syarbani
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.