Pemagangan Dilakukan Dalam Upaya Percepatan Peningkatan Kompetensi Tenaga Kerja

0

PENJABAT Bupati Barito Utara, Muhlis mengatakan, pemagangan adalah bagian dari sistem pelatihan kerja yang diselenggarakan secara terpadu, dalam rangka menguasai keterampilan, keahlian atau kompetensi tertentu.

HAL tersebut disampaikan Muhlis, pada acara pelepasan peserta pemagangan dalam negeri Kabupaten Barito Utara Tahun 2024, di aula BappedaLitbang, Selasa (21/5/2024).

Menurut Muhlis, mengikuti program pemagangan yang sistematis, peserta dapat memperoleh pengalaman kerja yang lebih praktikal, sehingga peserta pemagangan dapat lebih cepat diserap pasar kerja, sekaligus menjadi bekal para peserta untuk terjun ke dunia kerja yang sesunghuhnya.

“Metode pemagangan ini dilakukan dalam upaya percepatan peningkatan kompetensi tenaga kerja. Pemagangan ini berkontribusi besar dalam menambah jumlah tenaga kerja skilled serta menyesuaikan supply dan demand tenaga kerja,” kata dia.

BACA: Rakor Ketenagakerjaan Pemagangan Dalam Negeri oleh Disnakertranskop UKM Barito Utara

Muhlis menambahkan, Pemerintah Kabupaten Barito Utara mengajak kepada seluruh pengusaha di wilayah Kabupaten Barito Utara agar mendukung program dan kegiatan pemagangan ini. Hal ini dalam upaya penanggulangan tingkat pengangguran.

Pemerintah daerah sangat diharapkan dukungan, kerjasama dan komitmen bersama antara, BUMN, BUMS, BUMD dan stakeholder terkait lainnya. Diantaranya melalui metode program pemagangan dan pelatihan kerja untuk membekali, meningkatkan dan mengembangkan kompetensi kerja guna meningkatkan kemampuan, produktifitas dan kesejahteraan tenaga kerja beserta keluarga.

Ia juga mengungkapkan, bahwa banyak keuntungan yang diperoleh ketika mengikuti pemagangan, disamping meningkatkan kompetensi tenaga kerja juga membangun jiwa disiplin, etika kerja serta prilaku dan komunikasi profesional.

Lebih lanjut Muhlis mengatakan peningkatan kemampuan dan kualitas kerja merupakan salah satu unsur penting dalam dunia kerja, terlebih ditengah tengah persaingan globalisasi yang menuntut sumber daya manusia (SDM) di daerah, khususnya Barito Utara untuk terus berpacu meningkatkan kualitas diri untuk menjadi tenaga kerja siap pakai dan siap kerja.

BACA LAGI: Disnakertranskop UKM Barito Utara Buka Pemagangan Dalam Negeri Tahun 2024

Lebih lanjut dikatakan, selama mengikuti pemagangan selama 5 bulan di perusahaan, agar diikuti dengan baik dan serius serta memperhatikan dan mentaati semua ketentuan dan peraturan yang diterapkan di masing-masing perusahaan.Selain itu juga apa yang telah ditetapkan oleh Disnakertranskop-UKM Kabupaten Barito Utara sebagai penyelenggara program kegiatan pemagangan.

Pj Bupati Muhlis pada kesempatan tersebut juga menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada 14 perusahaan yang bersedia bekerjasama sebagai tempat penyelenggaraan pemagangan dalam negeri Tahun 2024.

“Semoga kerjasama ini terus berkelanjutan. Dan bagi perusahaan yang belum bersedia di tahun ini diharapkan di tahun-tahun berikutnya dapat bekerjasama dalam mensukseskan program pemagangan ini,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Syarbani
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.