Direncanakan Jadi Rumah Sakit Tipe D, RSUD Usman Dundrung Tabalong Akan Dioperasionalkan Lagi Tahun 2025

0

PEMERINTAH Kabupaten Tabalong menggelar rapat expose pengoperasionalan RSUD Usman Dundrung, di Aula BPKAD, Selasa (14/5/2024).

DALAM rapat tersebut diputuskan, pemerintah kabupaten setempat akan mengoperasionalkan rumah sakit umum daerah (RSUD) yang berada di Jalan Jaksa Agung, Kelurahan Tanjung ini, di awal Tahun 2025 mendatang.

Diketahui, di Tabalong sudah ada dua fasilitas kesehatan, yakni RS Pertamina di Murung Pudak dan RSUD H Badaruddin Kasim di Maburai. Namun kalau dibandingkandengan jumlah penduduk, tetap masih kurang.

BACA: DPRD Tabalong Minta Pelayanan RSUD H Badaruddin Kasim Terpusat di Satu Lokasi

“Diperkirakan jumlah penduduk kita 260 ribu, setiap seribu orang itu ada satu tempat tidur untuk pasien. Yang jelas kita perlu 260 tempat tidur,” jelas Hamida.

Sehingga, RSUD Usman Dundrung yang sebelumnya dijadikan pusat perawatan pasien covid-19 di Tabalong saat pandemi, akan dioperasionalkan kembali.

“Target operasinal kalau biasa di awal 2025, dan rencananya RSUD ini akan dijadikan rumah sakit tipe D,” kata Pj Bupati Tabalong, Hamida Munawarah, Rabu (15/5/2024).

BACA JUGA: Komisi I DPRD Tabalong Minta Fasilitas RSUD H Badaruddin Kasim Segera Dibenahi

Sementara itu, Kepala BPKAD Tabalong, Husin Ansari mengatakan, untuk anggaran yang diusulkan pada tahun ini sekitar Rp 11 miliar.

“Tahun ini kalau tidak salah usulannya sekitar Rp 11 miliar, cuma kami minta sinkronkan usulan itu dengan dinas kesehatan,” katanya.

Sedangkan usulan pengoperasionalan RSUD Usman Dundrung ini dengan anggaran sekitar Rp 40 miliar lebih pada 2025.
“Jadi itu usulan (anggaran) untuk semua, jadi mulai membeli peralatan, perbaikan sarana yang kurang baik dan ini untuk Tahun 2025,” tambahnya Husin.(jejakrekam)

Penulis hery
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.