Lomba Kawasan Bebas Jentik 2023, Upaya Pemkab Tabalong Cegah DBD

0

DIRENCANAKAN akan digelar pada awal November 2023, Lomba Kawasan Bebas Jentik (LKBJ) 2023 diharap dapat menekan penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

DIINISIASI oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Tabalong, dan akan diikuti oleh seluruh kelurahan/desa se-Kabupaten Tabalong, yang diketahui berjumlah 10 kelurahan dan 121 desa yang tersebar di 12 kecamatan.

“Kita akan mencoba tahun ini seluruh desa dan kelurahan se-kabupaten Tabalong. Sebelumnya kita hanya 48 kawasan saja,” ujar Kepala Dinkes Tabalong, Taufiqurrahman Hamdie, Rabu (11/10/2023).

BACA: Cegah DBD, Sekda Tabalong Imbau Masyarakat Peduli Lingkungan Bersih

Disebutkan, lomba dilaksanakan dalam beberapa tahapan. Dimulai dengan seleksi di tingkat kecamatan, sehingga kelurahan/desa yang terbaik akan diusulkan untuk dinilai ke tingkat kabupaten. “Nanti ditentukan kawasan terbaik se-Kabupaten Tabalong,” jelasnya.

Taufiq mengatakan, hal itu bertujuan memasyarakatkan kembali agar kawasan maupun lingkungan warga bebas dari jentik. “Kalau ini bisa diterapkan, maka akan menjamin Tabalong terbebas dari DBD,” ucapnya.

Ditambahkannya, kawasan yang masih rawan penularan DBD berada di wilayah perkotaan, namun tidak menutup kemungkinan terjadi pula di desa. “Sekarang trennya DBD tidak saja di kota, di desa pun bisa terjadi karena tingkat mobilitas penduduk sudah tinggi,” katanya.(jejakrekam)

Penulis hery
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.