Melestarikan Tradisi Berbuka Puasa Warga Bakumpai

0

SALAH satu tokoh Bakumpai yang berpengaruh dan mampu menyatukan subetnis Dayak Ngaju ini adalah almarhum HA Sulaiman HB. Namun, kini tokoh yang dikenal sebagai pengusaha sukses asal pedalaman Barito itu telah tiada. Namun, Kerukunan Keluarga Bakumpai (KKB) tetap eksis di Banjarmasin.

UNTUK mengumpulkan para tokoh, warga dan kalangan muda Bakumpai, Walikota Banjarmasin Ibnu Sina yang merupakan asli kelahiran Puruk Cahu, Kabupaten Murung Raya ini menggelar buka puasa yang dihadiri ratusan orang di rumah dinas Walikota Banjarmasin, Kamis (15/6/2017).

Acara ini pun diisi tausyiah yang disampaikan Prof DR H Asmaran dari UIN Antasari Banajrmasin. Guru besar ilmu tasawuf ini menekankan pentingnya menjaga silaturahmi sesuai sunnah Rasulullah SAW dalam rangka mendekatkan diri kepada Allah SWT. “Memperpanjang silaturahmi itu justru memperluas rezeki seseorang. Bahkan, silaturahmi juga menjadi kunci masuk surga,” kata sang profesor ini.

Dia juga mengungkapkan agar berpuasa diniatkan hanya karena Allah SWT, bukan hal lain sehingga ibadahnya bernilai pahala. “Dunia ini juga harus diisi untuk kepentingan beragama dan menjalankan ajaran agama,” cetus Asmaran.

Sementara itu, Walikota Banjarmasin Ibnu Sina pun berharap kerukunan warga Bakumpai baik yang ada di Banjarmasin maupun di luar Banjarmasin terus terjalin dengan acara buka puasa bersama dan kegiatan lainnya. “Ini sebetulnya kegiatan tahunan. Biasanya yang mengundang adalah almarhum H Sulaiman HB (mantan Ketua Umum Pengurus Pusat KKB). Nah, setelah beliau wafat, tinggal kami generasi penerusnya yang menjalankan tradisi yang telah dirintis beliau. Ya, biasanya keluarga Bakumpai ini berkumpul dengan agenda tahunan seperti buka puasa dan halal bihalal,” kata mantan Ketua DPW PKS Kalsel ini.(jejakrekam)

Penulis : Ahmad Husaini

Editor   : Didi G Sanusi

Foto     : Ahmad Husaini

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.