Musim Pancaroba Datang, Ayo Segera Vaksin Hewan Kesayangan

0

PERUBAHAN musim hujan ke musim kemarau atau sebaliknya yang dikenal dengan pancaroba, diingatkan agar pemilik atau pencinta binatang peliharaan seperti kucing, anjing, kelinci dan lainnya untuk segera memberi vaksin agar terhindar dari penyakit yang mematikan.

ASISTEN III Setdakot Banjarmasin, drh  H Rusmin Ardhalewa MS, saat pancaroba ini ternak kesayangan, termasuk hewan peliharaan dan kesayangan sudah sepatutnya segera divaksin agar kebal terhadap penyakit berbahaya yang muncul saat pergantian musim. “Selain itu, makanan dan pakan yang diberikan kepada hewan peliharaan itu harus memenuhi syarat gizi. Begitupula, vitamin yang diberikan harus mencukupi angka kebutuhan hewan peliharaan itu,” ujar dokter hewan jebolan Institut Pertanian Bogor (IPB) kepada jejakrekam.com, belum lama tadi.

Ia mengakui hewan paling banyak yang dipelihara warga Banjarmasin adalah kucing dengan berbagai jenis, terbanyak ada Persia, Angora, Himalaya, serta jenis lainnya. “Populasi hewan peliharaan khususnya kucing itu minimal sama dengan jumlah penduduk diukur dari kepala keluarga. Ini membuktikan memang hewan kucing lebih banyak dipelihara manusia, terlebih lagi di Banjarmasin ini,” kata Rusmin Ardhalewa.

Begitupula untuk hewan ternak, mantan Kepala Dinas Pertanian Kota Banjarmasin ini mengingatkan seperti ayam Arab, dan lainnya harus segera diimunisasi agar terhindar dari penyakit ND (Newcastle Desease) dan AI (Avian Influenza) atau flu burung. “Biasanya tiap bulan, ayam-ayam peliharaan itu diimunisasi. Terlebih lagi, saat ini sudah memasuki masa pancaroba dan tentu akan mengancam kesehatan hewan peliharaan dan ternak,” tandas Rusmin.(jejakrekam)

Penulis    : Didi G Sanusi

Editor     :  Didi G Sanusi

Foto        :  Kucing Males

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.