Dukung Pemerintah Tingkatkan Inklusi Dan Literasi, Bank Neo Commerce Roadshow ke Banjarmasin

0

PT Bank Neo Commerce Tbk (“BNC”, “Bank”, “Perseroan”), bank dengan layanan digital terlengkap di Indonesia, kembali menggalakkan kampanye Neo Keliling, dengan hadir pertama kali di Pulau Kalimantan.

KEGIATAN ini bertujuan untuk mendukung pemerintah dalam meningkatkan indeks inklusi dan literasi masyarakat Indonesia, BNC mengadakan rangkaian kegiatan inklusi dan literasi keuangan di Banjarmasin, pada 9 Oktober 2024.

Setelah secara konsisten memberikan literasi keuangan di beberapa kota di Pulau Jawa, Bali, dan Sumatera dalam beberapa tahun terakhir, Bank Neo Commerce kali ini menjangkau masyarakat di Pulau Kalimantan.

Dalam tajuk kampanye Neo Keliling, BNC melakukan roadshow menyambangi kota Banjarmasin, kota kedua di Pulau Kalimantan setelah Balikpapan. Melalui kampanye ini, BNC bermaksud untuk memperkenalkan layanan keuangan berbasis digital yang ditawarkan oleh Bank Neo Commerce, dan aplikasi perbankan miliknya yaitu neobank, serta juga bertujuan untuk memberikan edukasi dan pemahaman terkait pengelolaan keuangan yang baik dengan memanfaatkan layanan-layanan yang ditawarkan bank dengan layanan digital.

Acara yang dihadiri oleh kurang lebih seratus pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) ini, diadakan secara khusus untuk memberikan edukasi terkait bagaimana mengelola keuangan yang baik bagi Generasi Milenial dan Gen-Z, serta pelaku UMKM.

Adhani Siregar, Head of Digital Marketing PT Bank Neo Commerce Tbk dalam sambutannya mengatakan Bank Neo Commerce menawarkan beragam layanan keuangan yang dapat dimanfaatkan masyarakat dalam pengelolaan keuangannya, dan diperuntukkan untuk berbagai segmen, seperti nasabah perorangan, korporasi, dan juga UMKM.

Ia menyebut sebagai salah satu bank dengan layanan digital yang memiliki layanan terlengkap, Bank Neo Commerce memberikan solusi atas kebutuhan transaksi keuangan sehari-hari yang dibutuhkan oleh masyarakat.

“Dengan hadir di Banjarmasin, kami berharap kami dapat membantu segala kebutuhan transaksi perbankan masyarakat di sini,” jelasnya.

Terkhusus bagi pemilik UMKM, sebutnya Bank Neo Commerce juga memiliki produk keuangan di aplikasi neobank yang bernama Neo Bisnis.

Kevin Saptana Wy, Neo Business Owner PT Bank Neo Commerce Tbk mengatakan, Neo Bisnis adalah produk keuangan yang BNC kembangkan khusus untuk mendukung pemilik UMKM dalam mengelola arus kas usaha secara lebih terstruktur, sehingga tidak tercampur dengan rekening pribadi.

Melalui Neo Bisnis , pemilik UMKM dapat dengan cepat dan mudah membuat Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) untuk menerima pembayaran QRIS. Dana dari transaksi QRIS akan dicairkan secara otomatis di hari yang sama hingga tiga kali, pencairan dana dilakukan sepanjang tahun 365 hari, termasuk pada hari libur nasional, tanggal merah, bahkan selama libur Lebaran.

Fasilitas ini sangat memudahkan pemilik UMKM dalam mengatur arus kas, terutama selama libur panjang, sehingga mereka tetap dapat menjalankan operasional bisnis seperti pembelian bahan baku atau pengisian stok untuk penjualan di hari berikutnya.

Selain itu, katanya, pencairan dana dari hasil transaksi QRIS akan masuk ke rekening bisnis Neo Bisnis yang menawarkan bunga kompetitif hingga 4,25%, dengan bunga yang dicairkan setiap hari. Fitur ini dirancang untuk memberikan manfaat finansial tambahan bagi pelaku UMKM, sehingga mereka dapat lebih optimal dalam mengelola keuangan usaha dan mendapat manfaat lebih yang dapat langsung dirasakan.

Neo Bisnis juga menyediakan fitur Top Up Merchant, yang dirancang untuk mendukung pemilik UMKM dalam menyediakan layanan top-up pulsa, paket data, token listrik PLN, top up e-wallet dan berbagai produk keuangan digital lainnya.

“Kami bahkan menyediakan layanan top-up pulsa Telkomsel dengan nominal mulai dari Rp2.000, yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Ini merupakan wujud komitmen BNC untuk terus menghadirkan solusi keuangan yang inovatif dan sesuai dengan kebutuhan pelaku UMKM, agar mereka dapat berkembang lebih pesat dan efisien dalam mengelola usahanya,” tambah Kevin.

Rangkaian acara Neo Keliling di Banjarmasin ini juga diperkaya dengan sesi literasi keuangan yang bertajuk “Financial Freedom untuk Generasi Milenial dan Gen-Z: Cara Mudah Mengelola Keuangan dengan Bank Berbasis Digital”.

Puji Agung Budiman, Head of Public Relations & Communication PT Bank Neo Commerce Tbk mengatakan, setelah secara konsisten memberikan literasi keuangan di beberapa kota di Pulau Jawa, Bali, dan Sumatera selama beberapa tahun terakhir, Bank Neo Commerce kali ini menjangkau masyarakat di Pulau Kalimantan.

Menurut dia, Banjarmasin adalah kota kedua setelah Balikpapan dalam rangkaian roadshow kali ini masih dalam bagian kampanye Neo Keliling. Literasi keuangan merupakan hal yang sangat penting.

“Kami percaya bahwa dengan memiliki literasi keuangan yang cukup masyarakat dapat memanfaatkan bank dengan layanan digital untuk bisa mengelola keuangan mereka dengan lebih baik lagi. Bahkan, sangat mungkin juga dengan seiring berjalannya waktu kita dapat mencapai kemerdekaan finansial dengan pengelolaan keuangan yang baik, dengan memanfaatkan bank dengan layanan digital,” jelasnya.

Agus Sasirangan, sosok multitalenta yang merupakan pengusaha ternama asal Banjarmasin, aktivis sosial, penulis buku, yang juga merupakan Runner-up MasterChef Indonesia Season 1 mengatakan dirinya mewakili seluruh masyarakat Banjarmasin, sangat senang dan mengapresiasi Bank Neo Commerce yang telah hadir secara langsung bertatap muka dengan masyarakat Banjarmasin.

“Acara yang diadakan ini sangat bermanfaat dengan pemberian materi yang menarik mengenai bagaimana caranya mengelola keuangan, juga memperkenalkan beragam layanan keuangan yang bisa kami gunakan dalam mengelola keuangan. Semoga kegiatan seperti ini dapat dilakukan di berbagai tempat, sehingga akan banyak pelaku UMKM yang akan merasa terbantu dengan berbagai pengetahuan yang dibagikan ini,” jelasnya.

Lebih rinci untuk mengetahui usaha yang ditekuni oleh Agus, dapat dilihat di akun media sosial Instagram @miebancir.bjb, @dedaunan.official, dan @agussasiranganbjm. Selain itu, Agus juga sering membagikan resep-resep masakannya secara gratis melalui akun Instagram @sedekahresep.

Bank Neo Commerce merupakan salah satu pelopor perbankan berbasis digital di Indonesia yang kini telah memasuki tahun keempat sejak bertransformasi di awal tahun 2020 lalu. Kini, BNC telah melayani lebih dari 27 juta pengguna yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia dan menjadi bank dengan layanan digital yang memiliki layanan dan fitur perbankan paling lengkap yang tersedia di aplikasi mobile banking yang bernama neobank.

Kini, BNC tidak hanya melayani nasabah perorangan, namun juga melayani nasabah pemilik UMKM serta korporasi.

“Senang rasanya bisa hadir di Banjarmasin untuk bertemu langsung dengan para nasabah setia kami dan pemilik UMKM yang telah merasakan manfaat dari layanan perbankan berbasis digital yang kami berikan. Banjarmasin merupakan salah satu kota terpenting di Kalimantan dan kami berharap ke depan BNC dapat menjadi salah satu bank dengan layanan digital pilihan masyarakat untuk berbagai kebutuhan finansial, mulai dari menabung, investasi, bertransaksi, hingga untuk mendapatkan pinjaman untuk berbagai keperluan,” tambah Adhani.

Selain hadir untuk melaksanakan kegiatan roadshow Neo Keliling dengan bertatap muka dengan komunitas dan para pemilik UMKM di Banjarmasin, sebelumnya Bank Neo Commerce telah melakukan hal yang sama di kota Balikpapan.

Selain itu juga BNC juga turut serta dalam kegiatan FinExpo 2024 yang digagas oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di Pentacity Mall Balikpapan dari tanggal 3 hingga 6 Oktober 2024.(jejakrekam)

Penulis Asykin
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.