Stimulus Agar Makin Taat Bayar Pajak, BPKPAD Banjarmasin Berikan Penghargaan

0

BADAN Pengelola Keuangan Pendapatan dan Aset Daerah (BPKPAD) Kota Banjarmasin berikan penghargaan kepada sejumlah Wajib Pajak (WP) yang dinilai paling taat melaksanakan kewajibannya.

PENGHARGAAN ini sendiri setidaknya diberikan kepada 27 WP dari 9 kategori usaha, yang ada di Kota Banjarmasin. Beberapa diantaranya mulai dari bidang perhotelan, restoran, rumah makan, coffeshop, parkir hingga pajak PBB P2.

Diungkapkan Bayu, salah owner yang meraih penghargaan di kategori coffeshop, dirinya merasa senang bisa mendapatkan penghargaan WP terbaik tahun ini. “Tahun ini kita juara 2,” tuturnya.

“Harapannya semua kedai kopi yang lain bisa mengikuti apa yang disuruh oleh Pemda, karena ini tujuannya untuk daerah kita sendiri juga,” jelasnya.

BACA: Kejar Target PAD, BPKPAD Banjarmasin Dorong Dengan Inovasi

Keberhasilan dirinya menjadi salah satu WP terbaik, dikatakan Bayu adalah karena dirinya selalu tepat waktu ketika membayar pajak. “Sebelum tanggal 5 biasanya sudah saya setor, selambat-lambatnya tanggal 3 sudah saya urus dan selesai,” ujarnya.

Iapun juga menerangkan, bahwasanya nilai pajak yang disetorkan kepada BPKPAD selalu sesuai dengan jumlah nilai pendapatan. “Beberapa yang tertera sesuai struk, karena kita memakai sistem yang konek ke Bakeuda. Jadi sama-sama bisa dicek,” tutupnya.

Kepala BPKPAD Kota Banjarmasin, Edy Wibowo sendiri menerangkan, pemberian penghargaan ini bisa menjadi stimulus, untuk membuat WP yang lain semakin taat membayar pajak.

“Sehingga ini bisa mendorong juga pendapatan pajak kita, untuk pembangunan Kota Banjarmasin,” ucap Edy selepas acara Sosialisasi Pajak Daerah dan Penganugerahan Wajib Pajak Terbaik Tahun 2024, di Rattan Inn, Rabu (2/10/2024).

Dilanjutkan Edy, penghargaan atau penganugerahan WP terbaik ini dinilai pada beberapa poin. Yakni, Ketepatan waktu pembayaran, kesesuaian jumlah pajak yang disetor, lalu kelengkapan berkas, dan ada tidaknya tunggakan.

Dimana dari 27 WP yang menerima penghargaan dari 9 kategori ini, masing-masing juga menerima hadiah sebesar Rp 5 juta untuk terbaik 3, Rp 10 juta untuk terbaik 2, dan Rp 15 juta untuk terbaik 1.

BACA JUGA: BPKPAD Banjarmasin Terus Sosialisasi Pemahaman Pajak Bagi Wajib Pajak

Edy pun juga menerangkan, pemberian anugerah dan penghargaan pada para WP ini akan dilakukan tiap tahun. “Dan dengan kita memberikan ini, harapannya PAD kita naik,” tuturnya.

“Alhamdulillah capaian dalam 3 tahun ini selalu meningkat, kalau dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya,” tandasnya.

Pemberian penghargaan bagi WP terbaik ini juga mendapatkan apresiasi dari Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina, karena setiap rupiah pajak yang dibayarkan itu sangat berarti bagi pembangunan kota.

“Ini bisa menjadi stimulus lah, agar bisa semangat membayarkan pajak tepat waktu,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Fery Hidayat
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.