Hindari Potensi Kebakaran Lahan, Petugas Imbau Tidak Lakukan Pembakaran Sembarangan

0

BERPOTENSI merembet menjadi kebakaran lahan, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Banjarmasin ingatkan masyarakat untuk tidak melakukan kegiatan pembakaran sembarangan.

PESAN ini disampaikan oleh Kepala DLH Banjarmasin, Alive Yosfah Love yang merasakan saat ini di Banjarmasin masih dilanda cuaca panas yang cukup ekstrim, dan membuat sebagian lahan kering. Maka masyarakat dihimbau lebih berhati-hati. “Diimbau tidak melakukan pembakaran, seperti sampah dan lain-lain. Karena berpotensi menimbulkan kebakaran lahan,” ucapnya.

Dirinya menekankan pula, agar tidak melakukan pembakaran di dekat lahan yang cukup kering, di Tempat Pemakaman Umum (TPU), semak, dan lahan yang berpotensi terbakarnya tinggi.

Pihaknya pun, akan bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjarmasin, sebagai langkah pencegahan dan antisipasi. “Khususnya di lahan yang ada di tempat kita, agar tidak terjadi kebakaran hutan dan lahan,” terangnya.

BACA: Meski Kemarau Basah, BPBD Tetap Siaga Hadapi Karhutla Di Banjarmasin

Di sisi lain, selain melakukan antisipasi kebakaran di sejumlah lahan yang di Banjarmasin. Pihaknya juga mengaku telah mengantisipasi terjadinya kebakaran di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Basirih.

Mengingat tingginya potensi kebakaran yang terjadi di sana, setiap memasuki musim kemarau. Apalagi dengan tingginya kadar gas metan yang ada di sana.

Untuk itu dikatakan Alive, pihaknya sudah menyiapkan satu buah mesin pompa air sebagai bentuk antisipasi. “Kemudian kita juga melakukan pembersihan pada gorong-gorong. Ini untuk pembasahan di lahan-lahan, khususnya lahan yang mudah terbakar,” ungkapnya.

Serta pula, dirinya juga mengimbau kepada para pekerja maupun pemulung yang ada di TPA, agar tidak membuang putung rokok sembarangan. “Karena potensi kebakaran hutan dan lahan itu bisa terjadi sewaktu-waktu. Oleh karena itu tetap waspada dan mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi di sekitar kita,” tandasnya.(jejakrekam)

Penulis Fery Hidayat
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.