Sosialisasi Pemberdayaan dan Penguatan KIM Kelompok Nelayan oleh KominfoSP Tanbu

0

DINAS KOMINFOSP (Kominfo Statistik dan Persandian) Tanbu melaksanakan sosialisasi pemberdayaan dan penguatan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) sebagai mitra kerja pemerintah, Kamis (12/9/2024) di Kusan Hilir.

PEMBERDAYAAN dan Penguatan KIM kali ini pesertanya adalah para Kelompok Nelayan yang ada di Kecamatan Kusan Hilir.

BACA JUGA: Pemkab Tanbu Gelar Lomba Pidato Tingkat Pelajar

Mengangkat tema “Pemberdayaan Kelompok Nelayan, Program Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu”.

Kepala Dinas KominfoSP Tanbu Al Husain Mardani melalui Kabid Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Akhmad Salehuddin menyebut tujuan kegiatan KIM untuk membantu memberikan informasi, pengetahuan, pengalaman, dan keterampilan bermanfaat bagi segala aspek pembangunan.

Pertemuan KIM Kelompok Nelayan ini, Dinas Kominfosp menghadirkan narasumber dari Dinas Perikanan Tanbu, dari Bank Kalsel. “Program pemerintah dapat tersampaikan ke masyarakat, serta berdampak pada peningkatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat khususnya nelayan Tanbu,” ucapnya.

BACA JUGA: DiskominfoSP Tanbu Sukses Gelar Bimtek Penyusunan Masterplan Smart City

Narasumber Dinas Perikanan, Kabid Perikanan Tangkap, Muhammad Riswan mengatakan, program pemerintah daerah pada sektor perikanan. Seperti pengelolaan ekosistem laut, pengelolaan penangkapan ikan, serta pemberdayaan masyarakat nelayan.

“Banyak peralatan tangkap ikan yang digelontorkan sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian para nelayan,” paparnya.

Terkait pemberdayaan masyarakat, Ia mengaku, Dinas Perikanan Tanbu memfasilitasi melalui program kredit usaha rakyat, pelatihan, dan lainnya.

BACA JUGA: ‘Sinta dan Rama’ Disdukcapil Tanbu Optimalisasi Pemuktahiran Data Kependudukan

Dinas Perikanan Tanbu bekerjasama dengan Pemprov Kalsel dalam melaksanakan pelatihan perbaikan mesin diesel kapal.

Narasumber dari Bank Kalsel Carbo Soerapto, Pemasar Capem Pagatan mengungkapkan, program permodalan bagi nelayan. ‘Jadi, ada program Kredit Usaha Rakyat (KUR), seperti KUR Mikro dan KUR Kecil,” imbuhnya. (jejakrekam)

Penulis Asyikin/Diskominfo
Editor Afdi Achmad

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.