Jadi Sarana Evaluasi, Pemkot Banjarbaru Gelar Pojkanal Posyandu

0

PEMKOT Banjarbaru menggelar kegiatan pertemuan Kelompok Kerja Operasional Pos Pelayanan Teradu (Pokjanal Posyandu) se Kota Banjarbaru yang bertajuk Koordinasi/Sosialisasi Program Pokjanal Posyandu kepada Lintas Sektor Tingkat Kota Banjarbaru, Selasa (20/08/2024).

KEGIATAN yang dilaksanakan Dinas Kesehatan Kota Banjarbaru ini dibuka Asisten I bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Abdul Basid yang didampingi oleh Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Banjarbaru dr. Hj. Rusmila yang dihadiri oleh Anggota Pokjanal dan Pokja Posyandu se-Kota Banjarbaru serta instansi terkait.

Pertemuan ini dimaksudkan untuk menyiapkan data dan informasi serta memantau dan mengevaluasi pelaksanaan kegiatan Posyandu di Kota Banjarbaru. Selain itu pada kegiatan ini dilakukan sosialisasi terkait pelaksanaan Posyandu.

Pj. Sekretaris Daerah Kota Banjarbaru yang dalam hal ini di wakili oleh Asisten I, Abdul Basid menyampaikan bahwa pertemuan ini sebagai upaya untuk meningkatkan koordinasi lintas sektor dan untuk memperjelas kebijakan dan aturan penanganan pada Kelompok Kerja Operasional Pos Pelayanan Teradu (Pokjanal Posyandu) sehingga dapat mencerminkan keterpaduan antara lintas sektor.

Secara umum Pokjanal Posyandu mempunyai fungsi sebagai penyaluran aspirasi masyarakat, pelaksanaan kebijakan Pemerintah, koordinasi pelaksanaan program kerja, peningkatan kualitas pelayanan Posyandu serta pengembangan kemitraan dan pembinaan.

“Fungsi Posyandu bukan hanya untuk memberikan pelayanan kesehatan ibu dan anak saja, namun sebagai wadah silaturahmi, menumbuhkan kebersamaan dan menciptakan rasa kekeluargaan diantara masyarakat sekitar.” tegas Basid

Sambungnya lagi, dengan pertemuan ini diharapakan Pokjanal Posyandu Tingkat Kota, Pokjanal Posyandu Tingkat Kecamatan dan Pokja Posyandu Tingkat Kelurahan dapat lebih bersinergi dalam pembinaan dan pengembangan Posyandu di Kota Banjarbaru sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing.

Selain melaksanakan koordinasi, pada pertemuan yang dihadiri 75 orang ini disuguhi penyampaian materi terkait Posyandu yakni Integrasi Pelayanan Kesehatan Primer di Posyandu yang dipaparkan oleh Kepala Seksi Promkes, PM dan Keswa Dinkes Prov. Kalsel Syarkiah, materi Peran dan Fungsi Pokjanal Posyandu pada masing-masing SKPD yang disampaikan oleh Kepala Seksi Pengembangan Lembaga Kemasyarakatan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Prov. Kalsel Renny Anggraeni, dan Peran TP-PKK di Pokjanal Posyandu yang dijabarkan oleh Anggota TP-PKK Prov. Kalsel.(jejakrekam)

Penulis MC Banjarbaru
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.