KIM Racah Mampulang Balangan Sabet Penghargaan Nasional

0

MEWAKILI Kalimantan Selatan, Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) Racah Mampulang, Desa Balida, Kabupaten Balangan, meraih penghargaan sebagai KIM Terinovatif pada Festival KIM 2024 Tingkat Nasional di Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

PENGHARGAAN paling bergengsi di event tersebut, diserahkan langsung oleh Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Kominfo, Usman Kansong kepada Ketua KIM Racah Mampulang, Syahridin, pada Malam Apresiasi KIM 2024 di Anjungan City of Makassar, Pantai Losari, Makassar, Sabtu (10/8/2024).

Turut hadir menyaksikan penyerahan penghargaan, Walikota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto, jajaran Kementerian Kominfo, Kepala Dinas Kominfo Kalsel Muhammad Muslim, dan sejumlah pejabat Dinas Kominfo Kabupaten/Kota di Kalsel.

Kegiatan tahunan yang digelar Kementerian Kominfo ini, berlangsung selama tiga hari, dari tanggal 9-11 Agustus 2024, dengan diikuti 11 KIM terbaik dari sembilan provinsi di Indonesia.

Selain kategori Terinovatif, tiga kategori lainnya yang dilombakan, yakni kategori UMKM yang diraih KIM Dinamika Sinema Nusantara, Kabupaten Sleman, Provinsi DI Yogyakarta.

Kemudian pada kategori Pariwisata, diraih KIM Desa Sani Sani, Kabupaten Kolaka, Provinsi Sulawesi Tenggara, dan penghargaan kategori KIM Transformatif diraih KIM Tirto Gumitir, Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur.

Kepada para pemenang, Dirjen IKP, Usman Kansong dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat serta apresiasi setinggi-tingginya, dan mengharapkan agar KIM di seluruh Indonesia untuk terus menjadi mitra kolaborasi pemerintah dan jembatan informasi bagi masyarakat.

Apresiasi dan rasa bangga juga diungkapkan Kepala Dinas Kominfo Kalsel, Muhammad Muslim saat ditemui usai acara. Ditegaskannya, bahwa KIM Racah Mampulang adalah inspirasi yang diharapkan menjadi motivasi semua KIM di Kalsel untuk berinovasi dan lebih bergerak memajukan daerah.

“Ini sebuah kebanggaan bagi Kalsel. KIM Racah Mampulang merupakan sebuah inspirasi yang luar biasa, karena mendapatkan kategori yang paling bergengsi. Semoga memotivasi semua KIM di Kalsel, supaya lebih bergerak dan berinovasi, dalam memajukan banua kita, dalam konteks menyampaikan informasi,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua KIM Racah Mampulang, Syahridin mengucapkan rasa syukur atas penghargaan yang diraih, sebagai ganjaran dari upaya maksimal seluruh anggotanya dalam menjalankan kegiatan.

“Kami sangat bersyukur mendapatkan penghargaan ini. Mudah-mudahan bisa memotivasi teman-teman di Balangan dan di Kalsel, agar KIM di desa-desa selalu aktif seperti kami. Meski dengan keterbatasan SDM dan operasional, tetapi kami mampu dan mau melaksanakan kegiatan KIM yang luar biasa ini,” ucapnya.

Syahridin yang juga menjabat sebagai Kepala Desa Balida, menambahkan bahwa KIM Racah Mampulang akan terus lebih berinovasi dan berkarya, untuk mengembangkan kegiatan penyebarluasan informasi terutama di sektor wisata dan budaya desa dengan digitalisasi.

Adapun rangkaian acara Festival KIM 2024 antara lain, presentasi inovasi kompetisi KIM, pertunjukan tradisi, musik, sosialisasi Pilkada, sosialisasi Stunting, sosialisasi Ibu Kota Nusantara, dan pameran Booth KIM.

Selama pameran, terpantau stand KIM Racah Mampulang banyak didatangi pengunjung yang antusias melihat bahkan mencoba pakaian adat Dayak maupun adat Banjar yang dipajang. Selain itu, produk makanan maupun produk olahan desa juga banyak yang dibeli pengujung. Pada kesempatan ini, KIM Racah Mampulang juga menampilkan kesenian daerah, seperti musik Panting, Madihin, serta tari daerah di lokasi stand dan di panggung utama Festival KIM 2024.(jejakrekam)

Penulis Infopublik.id
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.