Penuhi Kebutuhan Air Petani, Warga Desa Pematang Kerja Bakti Buat Saluran Irigasi

0

KERJA bakti atau gotong royong merupakan sarana kebersamaan antara antar warga guna membangun suatu hubungan yang harmonis dan kompak di dalam kehidupan sehari-hari.

MELALUI kerja bakti juga dapat mempermudah atau mempercepat suatu pekerjaan karena dikerjakan beramai-ramai.

Seperti yang dilakukan oleh warga Desa Pematang Kecamatan Awayan kerja bakti pembuatan dan pembersihan saluran irigasi dipersawahan.

Kepala Desa Pematang, Bambang Siswanto, Rabu (7/8/2024) mengatakan, pada kegiatan kerja bakti tersebut warga saling bahu membahu untuk membuat dan membersihkan saluran irigasi dari tumpukan rumput yang menyebabkan terhambatnya saluran air menuju sawah warga.

Menurutnya, kegiatan ini dilakukan oleh swakelola warga Desa Pematang untuk meningkatkan aliran sungai supaya pertanian di Desa Pematang dapat terpenuhi kebutuhan airnya.

“Kegiatan kerja bakti ini juga merupakan salah satu upaya untuk menyukseskan pertanian dan mengoptimalkan sistem irigasi dengan baik,” ujarnya.

Karena lebih lanjut keberadaan aluran irigasi sebagai penyedia bahan baku air pertanian sehingga sektor pertanian mampu panen dengan baik untuk mendongkrak kesejahteraan para petani.

Selain itu, katanya dengan adanya kerja bakti ini akan mempererat jalinan silaturahmi antar warga.

Lebih lanjut, dirinya pun berharap saluran irigasi yang dibuat untuk sawah ini dapat berfungsi dengan lancar guna meningkatkan hasil panen petani. “Dengan demikian ketahanan pangan khususnya di wilayah Desa Pematang Kecamatan Awayan dapat terwujud dan sukses,” tutupnya.(jejakrekam

Penulis Infopublik.id
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.