Kepulangan Jamaah Haji Kloter 2 Debarkasi Banjarmasin Disambut Haru Keluarga

0

JAMAAH haji kloter 2 Debarkasi Banjarmasin telah tiba, rombongan disambut di Masjid Raya Sabilal Muhtadin, Selasa (25/6/2024).

SANAK keluarga yang menyambut pun dikumpulkan bersama di ruang induk Masjid Raya Sabilal Muhtadin, untuk mengikuti prosesi penyambutan yang digelar oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Banjarmasin.

Lantunan sholawat dan doa pun mengiringi penyambutan ini, dengan harapan agar para jamaah haji yang baru datang ini bisa menjadi haji yang mabrur.

BACA: 578 Orang Jamaah Haji Asal Banjarmasin Ikuti Manasik Haji

Salah seorang jamaah haji yang baru tiba, Masiyani tak dapat membendung perasaan harunya ketika prosesi penyambutan ini dilakukan.

Dirinya nampak memeluk erat kepada sesama rekannya. Ia pun mengaku sangat bersyukur karena akhirnya bisa menunaikan ibadah di Tanah Suci. “Alhamdulillah kita diberikan kekuatan untuk menjalani semua rangkaian ibadah,” ujar warga Gunung Sari itu.

Meskipun selama proses ibadah, dia mengungkapkan cuaca di Arab Saudi sangat ekstrim. Itu tak menjadi halangan untuknya melakukan ibadah.

Dikatakannya, para petugas kesehatan selalu siap siaga memberikan pengobatan. Bahkan jamaah selalu diingatkan untuk menjaga kondisi kesehatan. “Cuaca memang sangat panas, tapi Alhamdulillah tidak menghambat ibadah. Kami juga selalu diingatkan tim medis kalau tidak mampu jangan keluar,” ucap pria berumur 71 tahun itu.

BACA JUGA: Paman Birin Dan Acil Odah Sambut Kedatangan Jamaah Haji, Doakan Menjadi Haji Mabrur

Sekretaris Daerah Kota Banjarmasin, Ikhsan Budiman yang hadir menyambut para jamaah haji yang baru saja tiba ini juga mengungkapkan rasa syukurnya.

Pasalnya para jemaah yang tergabung dalam kloter 2 ini, bisa tiba dan kembali ke Kota Banjarmasin dengan jumlah lengkap. Yakni sebanyak 320 jemaah.

Selain itu, semua kondisi jamaah yang datang juga dalam keadaan sehat. Walaupun kebanyakan dari mereka telah berusia lanjut, tapi tidak ada jamaah yang mengalami sakit parah hingga harus mendapat perawatan.

“Kami dari pemkot juga sangat berterimakasih kepada pendamping dan petugas haji. Apalagi dengan kondisi cuaca ekstrem di sana, mereka bisa membuat jamaah untuk mengantisipasi,” katanya.

BACA LAGI: Arifin Noor Melepas 185 Calon Jamaah Haji Banjarmasin

Pada kesempatan itu juga turut hadir Kepala Kementerian Agama Kota Banjarmasin, Matnor beserta jajaran. Lalu Kabag Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setdako Banjarmasin, Juli Khair yang memfasilitas penyambutan jamaah haji kloter 2 Debarkasi Banjarmasin.

Diketahui, jamaah haji asal Banjarmasin tahun ini berjumlah 576 orang, yang terbagi dalam 9 kloter. Kedatangan selanjutnya, gabungan dari Batola, Banjarmasin, Palangka Raya sebanyak 320 orang pada 3 Juli 2024.

Kemudian HSU, Banjarbaru, Banjarmasin sebanyak 320 orang pada 5 Juli 2024. HST dan Banjarmasin sebanyak 320 orang pada 8 Juli 2024, dan terakhir pada 22 Juli 2024 daerah Banjarmasin sebanyak 77 orang.(jejakrekam)

Penulis Fery Hidayat
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.