Tutup Kegiatan TMMD di Tanbu, Ini Pesan KSAD

0

KEPALA Staf TNI Angkatan Darat Jenderal TNI Maruli Simanjuntak menutup pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-120 di Kabupaten Tanah Bumbu, Jumat, (7/8/2024).

KEGIATAN TMMD ke-120 merupakan bagian dari program lintas sektoral yang diprakarsai TNI bersama kementerian dan lembaga pemerintah terkait, serta melibatkan seluruh komponen masyarakat untuk percepatan pembangunan,” kata Maruli saat upacara penutupan TMMD Ke-120 di Desa Karang Rejo, Tanah Bumbu.

Ia mengatakan, TMMD yang mengangkat tema “Darma Bakti TMMD Mewujudkan Percepatan Pembangunan di Wilayah tersebut bertujuan membantu percepatan pembangunan di daerah tertinggal, terisolasi dan terluar (3T).

“Saya harap TMMD dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mewujudkan kemanunggalan TNI dan rakyat,” ujarnya.

Jenderal Maruli menjelaskan, pada TMMD Ke-120 telah dikerjakan sasaran fisik berupa pembangunan dan perbaikan infrastruktur yang tersebar di 50 kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

Pada sasaran fisik, seperti pembukaan jalan baru, peningkatan jalan, pembuatan jembatan, pembuatan tanggul, pemasangan gorong-gorong, pembuatan pos keamanan lingkungan, pembuatan sarana olahraga, rehab tempat ibadah, rumah tidak layak huni dan MCK (mandi cuci kakus), pembuatan sumur bor, rehab sekolah dan posyandu, serta sasaran lainnya.

Selain melaksanakan sasaran fisik, TMMD juga melaksanakan sasaran nonfisik berupa penyuluhan dan sosialisasi pengetahuan bagi masyarakat, antara lain bela negara, ketahanan nasional, stunting, posyandu dan posbindu PTM, pertanian, peternakan, kamtibmas, bahaya narkoba, radikalisme, dan kebersihan lingkungan.

“Yang tidak kalah penting adalah program unggulan berupa TNI Manunggal Air Bersih (pembangunan sumur bor/pipanisasi), ketahanan pangan dan juga penanaman pohon, sebagai upaya mendukung program pemerintah,” tuturnya.

Setelah upacara penutupan, Jenderal Maruli menyerahkan bantuan paket sembako kepada masyarakat, pemberian bantuan tas sekolah kepada siswa/siswi disabilitas, pemberian kunci rumah tidak layak huni, meninjau stan UMKM dan bakti sosial, serta peresmian Titik TNI Manunggal Air Bersih.

Pada kesempatan itu, Jenderal Maruli didampingi Pangdam Vl/Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi Utomo, Staf Ahli Gubernur Kalsel, Asintel KSAD, Aspers KSAD, Aster KSAD, Kadispenad, Wakapolda Kalsel dan Danrem 101/Antasari, Kabinda Kalsel, Kasrem 101/Antasari, Bupati Tanah Bumbu, Dandim 1022/Tanah Bumbu, dan para SKPD Kalsel.

TMMD Ke-120 di wilayah Korem 101/Antasari dimulai sejak 8 Mei 2024 yang digelar di Kodim 1001/HSU-BLG dan Kodim 1022/Tanah Bumbu.(jejakrekam)

Penulis Jumanti Liany
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.