Kontingen Barito Utara Ikuti 26 Cabang Lomba FBIM Di Palangka Raya

0

KABUPATEN Barito Utara turut mensukseskan Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) Tahun 2024 di Palangka Raya, dengan mengikuti 26 cabang lomba dalam kegiatan itu.

HAL tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Barito Utara, Hj Annsa Cahyawati, saat pelepasan kontingen yang dilepas oleh Pj Bupati Muhlis, Minggu (12/5/2024).

Dikatakan, adapun ke 26 cabang lomba itu, yaitu karnaval budaya, perahu hias, jagau bawi nyai pariwisata, tari pedalaman, tari pesisir, sepak sawut, karungut putra dan putri, lagu daerah, jukung tradisional putra dan putri dan balogo putra dan putri.

BACA: Wabup Barito Utara Sugianto Panala Putra Minta Kontingan Isen Mulang Menjaga Kekompakan

Kemudian bagasing putra dan putri, manyipet putra dan putri, mangaruhi putra dan putri, besei kambe putra dan putri, manetek, maneweng dan manyila kayu, malamang, mengenta, panginan sukup simpan dan fotografi serta videografi.

Dikatakannya, peserta kontingen Barito Utara diikuti sebanyak 233 orang, termasuk di dalamnya official dan pendamping sebanyak 35 orang, serta tim kesehatan dan paswal 2 orang.

Para atlet olahraga tradisional, seniman dan seniwati peserta kontingen juga telah didaftarkan sebagai peserta BPJS, guna mendapatkan perlindungan sosial ekonomi dan bersifat asuransi.

Lebih lanjut Hj Annisa untuk pelaksanaan kegiatan lomba dipusatkan di GOR Indoor Serbaguna Jalan Cilik Riwuk Palangka Raya. “Kecuali untuk olahraga dayung, besei kambe dan lomba perahu hias berpusat di bawah jembatan Kahayan, karnaval budaya di Jalan Yos Sudarso dan pemilihan putra putri Pariwisata di Swiss Bellhotel Danum Palangka Raya,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Syarbani
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.