DLH Kota Banjarmasin Turut Bantu Kebersihan Pasca Haul, Belasan Unit Kendaraan Kebersihan Diluncurkan

0

11 unit angkutan yang terdiri dari 6 dump truck dan 5 konvektor, dikerahkan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Banjarmasin, untuk membantu pengangkutan sampah pasca haul ke-19 KH Muhammad Zaini Ghani atau Guru Sekumpul, sedari Minggu (14/1/2023).

KEMUDIAN ada juga 3 unit angkutan roda tiga, 1 unit pick up dan 1.000 lembar karung sampah, serta 1.000 orang relawan. “Semuanya relatif berjalan baik. Sampai H plus 2 tidak ada lagi sampah yang menumpuk dan berceceran,” ucap Marzuki, Kabid Kebersihan dan Pengelolaan Sampah DLH Banjarmasin, Selasa (16/1/2023).

1 hari pasca haul, pihaknya telah mengangkut sekitar 100 ton lebih sampah dari lokasi haul. Kemudian di hari selanjutnya mengangkut sekitar 75 ton sampah. “Semua sampah itu dibuang ke TPA Banjarbakula, yang berada di Gunung Kupang. Dan semua itu tidak ada biaya, alias digratiskan oleh pihak DLH Provinsi,” jelasnya.

BACA: Atasi Terbatasnya TPS, Program Antar Jemput Sampah Surung Sintak Diluncurkan

Dirinya juga memaparkan hasil analisa, dimana setiap orang kemungkinan menghasilkan 0,2 kilogram sampah. Dari perhitungan satu kali makan saat pelaksanaan haul tersebut.

Sehingga diperkirakan total sampah yang dihasilkan pada saat itu, berjumlah sekitar 600 hingga 700 ton.

Keikutsertaan DLH Banjarmasin pada gelaran haul ke-19 Guru Sekumpul sama sekali tidak mengganggu kegiatan pengangkutan sampah di Banjarmasin. “Tim kita berangkat subuh. Sedangkan pengangkutan kita di Banjarmasin dilakukan pada malam hari. Jadi sama sekali tidak mengganggu,” ungkapnya.

“Sejatinya, kami mengangkut sampah warga kita sendiri. Karena banyak warga Banjarmasin yang ikut hadir di acara haul,” tambahnya lagi.

Terakhir, Ia juga mengapresiasi sikap para jamaah yang hadir karena juga memperhatikan sampah yang dihasilkan. “Jamaah semuanya bagus. Karena sudah ada imbauan datang bersih pulang bersih,” tutupnya.(jejakrekam)

Penulis Fery Hidayat
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.