Targetkan Swasembada Pangan, Balangan Cetak 100 Hektar Sawah Baru

0

TAHUN 2017 ini Kabupaten Balangan akan menambah luasan areal pertaniannya  sebanyak 100 hektar, melalui program cetak sawah baru. Program cetak sawah baru seluas 100 hektar ini berlokasi di dua kecamatan, yakni Kecamatan Juai seluas 45 hektar dan di Kecamatan Awayan seluas 55 hektar.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Balangan, Ir Tuhalus mengatakan  untuk Kecamatan Juai lokasi areal cetak sawahnya di Desa Buntu Karau sedangkan di Kecamatan Awayan  di Desa Pamatang dan Pumpung.

Program cetak sawah ini, menurut Tuhalus, merupakkan kerja sama dinas pertanian dengan jajaran Kodim 1001 Amuntai-Balangan yang merupakan wujudnyata peningkatan pembangunan dunia pertanian.

“Kami sendiri hanya melakukan perencanaan, penentuan lokasi dan pengawasan. Sedangkan pelaksanaan di lapangan dilakukan jajaran Kodim bersama dengan para petani,” ujar Tuhalus saat ditemui di ruangan kerjanya, Rabu (16/8).

Proses pelaksanaan cetak sawah baru ini, lanjut dia, sudah dalam tahap pengerjaan awal atau pembersihan lahan sehingga direncanakan pada Oktober mendatang sudah bisa ditanami.

“Mudah-mudahan pelaksanaan program cetak sawah ini berjalan baik, sehingga luasan areal pertanian semakin banyak dan swasambada pangan makin mudah dicapai,” harapnya.

Sebelumnya, Dandim 1001/Amuntai-Paringin, Letkol Kav  Aria Sagita Saleh mengungkapkan, program cetak sawah ini bagian dari program swasembada yang merupakan program nasional yang harus didukung dan disukseskan di tingkat daerah.

“Disetiap daerah memiliki target cetak sawah dan tanam yang dibebankan, tak terkecuali di Kabupaten Balangan,” pungkasnya.(jejakrekam)

 

Penulis  : Sugiannoor

Editor   : Fahriza

Foto      : Media Indonesia

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.