Kaban KesbangPol Harapkan Warga Ikuti Berpartisipasi Sukseskan Pilkada Serentak

0

KEPALA Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Barito Utara, Rayadi mengatakan, bahwa pendidikan politik adalah merupakan proses pembelajaran dan pemahaman tentang hak, kewajiban, dan tanggungjawab setiap warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

HAL tersebut disampaikan Kaban KesbangPol Barito Utara Rayadi pada acara Sosialisasi Pendidikan Politik, ‘Memperkuat Peran dan Partisipasi Pemilih Dalam Mensukseskan Pemilu dan Pilkada Serentak Tahun 2024’, di aula BappedaLitbang, Selasa (8/10/2024).

Dikatakannya, sebentar lagi tepatnya pada tanggal 27 November 2024 nanti kita akan melaksanakan pemilihan kepala daerah serentak memilih Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota.

“Saya mengimbau kepada warga masyarakat di wilayah Kecamatan Teweh Tengah agar ikut berpartisipasi mensukseskan Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Kabupaten Barito Utara. Gunakanlah hak pilih kalian dengan sebaik–baiknya. Pilihlah calon kepala daerah dan wakil kepala daerah yang baik menurut kalian sesuai dengan hati nurani kalian yang merupakan pemilih pemula,” kata Rayadi.

Lebih lanjut Rayadi mengatakan, Kabupaten Barito Utara pada Pemilu Serentak Tahun 2024 yang lalu memiliki daftar pemilih tetap (DPT) dengan jumlah pemilih 114.092 dari 9 kecamatan, 103 Kelurahan/desa dan 458 TPS.

BACA: Anggota DPRD Apresiasi dan Dukung KesbangPol Sosialisasi Pendidikan Politik

Dan selanjutnya kata dia lagi Kabupaten Barito Utara pada Pilkada Serentak nanti memiliki daftar pemilih tetap dengan jumlah 114.980 dari 9 kecamatan, 103 desa/kelurahan, dan 270 TPS.

“Saat ini, menurut tahapan dan jadwal Pilkada, sekarang sudah memasuki tahap kampanye para calon gubernur dan wakil gubernur dan calon bupati dan calon wakil bupati, walikota dan wakil walikota. Saya meminta dan sangat berharap kepada masyarakat Kecamatan Teweh Tengah jangan sampai warga masyarakat dan khususnya para pemilih pemula tidak menggunakan hak pilih atau golput,” pinta Rayadi.

Menurut dia, berdasarkan hasil penghitungan suara dari KPU RI pada Pemilu Serentak bulan Februari lalu, sebelumnya bahwa partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya rata-rata mencapai 81 persen. Sedangkan pada Pilkada tahun 2020 partisipasi pemilih mencapai 76 persen.

Oleh sebab itu Rayadi mengimbau kepada seluruh warga masyarakat Kabupaten Barito Utara pada umumnya, agar betul–betul secara maksimal dapat menggunakan hak pilihnya dengan baik dan tepat.

“Sehingga dapat mencapai jumlah maksimal dari persentase yang diinginkan. Pilkada adalah program nasioanal yang perlu kita dukung dan kita sukseskan. Disamping itu marilah kita sama–sama memelihara dan menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat demi suksesnya pelaksanaan Pilkada Serentak pada bulan November 2024 nanti,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis syarbani
Editor ahmad riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.