Kadiskominfo Barito Kuala: Teknologi Informasi Ubah Cara Hidup Orang

0

KEPALA Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Barito Kuala (Kadiskominfo Batola), Hery Sasmita menyebutkan, teknologi informasi dan komunikasi (TIK) mengalami perkembangan sangat.

PERKEMBANGAN pesat TIK ini seiring dengan meningkatnya penggunaan internet, yang pada akhirnya mengubah cara hidup, bekerja, belajar dan berinteraksi dengan orang lain.

“Internet telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan kita sehari-hari. Kehadirannya membawa banyak perubahan positif dalam berbagai aspek kehidupan,” ujar Hery Sasmita, saat dikonfirmasi di Marabahan, Selasa (1/10/2024).

BACA: Kadiskominfo Barito Kuala Paparkan Pengelolaan Informasi Di Uniska MAB

Hery pun mengingatkan, internet juga memiliki potensi negatif. Sehingga juga perlu mengajarkan anak-anak dan generasi muda dalam menggunakan internet, secara bertanggung jawab dan aman.

Disebutkan Hery, beberapa cara positif manfaat internet yaitu untuk belajar, menjalin koneksi, akses informasi tanpa batas serta platform e-commerce, yang memungkinkan menjual produk atau jasa secara langsung kepada konsumen.

Namun, Hery juga mengimbau para orangtua akan dampak negatif yang mengintai, jika menggunakan internet dengan sembarangan.

Akibatnya antara lain, menimbulkan kecanduan, paparan konten negatif, cyberbullying, penipuan, kejahatan online, isolasi sosial, gangguan kesehatan, hoaks dan disinformasi.

BACA JUGA: Kadiskominfo Barito Kuala: Komitmen Pemerintah Daerah Tingkatkan Aspirasi Masyarakat

“Internet memiliki dua sisi bertolak belakang. Di satu sisi, internet membawa banyak manfaat dan kemudahan bagi kehidupan kita, namun di sisi lain internet menyimpan potensi bahaya terutama bagi anak-anak,” tutur Hery.

Untuk mengatasi dampak negatif dari internet, terang Hery, orangtua wajib mengontrol dan menentukan waktu penggunaan gawai bagi anak, menggunakan fitur parental control, mengajarkan anak untuk berhati-hati dalam berbagi informasi pribadi dan perbanyak jalin interaksi sosial secara langsung dengan bermain permainan tradisional.

Diskominfo Batola mensosialisasikan Internet Sehat sebagai bagian dari dukungan Dinas Kominfo terhadap Penilaian Kualitas Keluarga Daerah, yang diselenggarakan di Desa Beringin, Kecamatan Alalak.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.