Tiga Nama Calon Pimpinan DPRD Diusulkan

0

DPRD Kabupaten Barito Utara melaksankan rapat paripurna DPRD, Selasa (1/10/2024). Dalam rapat paripurna tersebut DPRD Barito Utara sepakat mengusulkan 3 (tiga) tiga nama sebagai calon pimpinan DPRD Barito Utara untuk periode 2024-2029.

TIGA figur yang diajukan sebagai calon pimpinan DPRD berasal dari Partai Demokrat (PD), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), yakni Hj Mery Rukaini, H Benny Siswanto, dan Hj Henny Rosgiaty Rusli.

Rapat paripurna DPRD tersebut dipimpin oleh Ketua Sementara DPRD Barito Utara Hj Mery Rukaini dan dihadiri Pj Bupati Barito Utara Drs Muhlis, unsur FKPD, Asisten Sekda, Anggota DPRD, kepala perangkat daerah dan undangan lainnya.

BACA: Dipastikan Ir Hj Mery Rukaini Duduki Ketua DPRD Barito Utara Untuk Kedua Kalinya

Ketiganya telah mendapatkan surat rekomendasi atau penugasan resmi dari partai masing-masing. Rekomendasi ini diterima pada bulan Agustus dan September 2024. Dimana sebelumnya, surat masuk dari Partai Politik (Parpol) dibacakan oleh pejabat yang mewakili Sekretaris Dewan (Sekwan), Sudiyono.

Nama-nama calon pimpinan DPRD ini akan diajukan ke Gubernur Kalimantan Tengah. Namun, sebelum proses pengajuan dilakukan, DPRD perlu menggelar kembali rapat paripurna untuk menetapkan usulan tiga nama pimpinan DPRD, mengingat rapat paripurna sebelumnya tidak memenuhi kuorum.

Jika seluruh proses berjalan lancar, Hj Mery Rukaini akan menjabat sebagai Ketua DPRD Barito Utara, sementara H Benny Siswanto akan menduduki posisi Wakil Ketua I, dan Hj Henny Rosgiaty Rusli sebagai Wakil Ketua II. Hal ini sejalan dengan perolehan suara partai politik pada pemilihan legislatif pada bulan Februari sebelumnya.

Menurut data yang dihimpun, Hj Mery Rukaini merupakan anggota dari Partai Demokrat yang aktif di bidang pembangunan infrastruktur dan kesejahteraan masyarakat. Sementara H Benny Siswanto, yang berasal dari PKB, dikenal sebagai politisi yang vokal memperjuangkan pendidikan dan pengembangan ekonomi daerah.

Di sisi lain, Hj Henny Rosgiaty Rusli dari PDI Perjuangan memiliki latar belakang sebagai aktivis perempuan dan advokat perlindungan lingkungan.

“Usulan tiga nama calon pimpinan DPRD ini bertujuan untuk memastikan adanya representasi yang seimbang dari berbagai partai politik di dalam kepemimpinan DPRD Barito Utara. Dengan demikian, diharapkan kebijakan yang dihasilkan DPRD dapat mencakup beragam kepentingan dan aspirasi masyarakat setempat,” kata Anggota DPRD Barito Utara, H Tajeri usai mengiuti rapat paripurna pengusulan unsur pimpinan DPRD, Selasa (1/10/2024).

BACA JUGA: Rekom PDIP Turun, Henny Rosgiaty Rusli Ditunjuk Jadi Waket II DPRD Barito Utara

Dari sisi prosedural kata dia, penunjukan ketua dan wakil ketua DPRD memiliki peran strategis dalam penyelenggaraan legislasi di tingkat daerah. Keberagaman latar belakang dan pengalaman dari ketiga calon pimpinan DPRD diharapkan dapat menciptakan sinergi yang kuat dalam proses pengambilan keputusan di lembaga legislatif tersebut.

“Dengan adanya penunjukan calon pimpinan DPRD yang diusulkan ini, diharapkan pula DPRD Kabupaten Barito Utara dapat segera melanjutkan agenda-agenda legislasi serta pengambilan kebijakan yang mendukung pembangunan dan kesejahteraan masyarakat setempat,” imbuhnya.

Dengan demikian kesinambungan kepemimpinan di DPRD Kabupaten dapat terjaga, dan diharapkan pula akan mampu menghasilkan kebijakan-kebijakan yang progresif dan memiliki dampak positif bagi Kabupaten Barito Utara. “Semoga proses pemilihan calon pimpinan DPRD berjalan lancar dan membuahkan hasil yang baik untuk kemajuan daerah,” kata dia.(jejakrekam)

Penulis syarbani
Editor ahmad riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.