KPU Banjarmasin Perkuat Peran Media Massa Untuk Penyebaran Informasi

0

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarmasin, memperkuat peran media massa dan jurnalis dalam rangka menyukseskan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Banjarmasin dalam Pilkada Serentak 2024.

SOSIALISASI dengan tema ‘Peran Media Dalam Menyukseskan Pemilihan’, disebut Ketua KPU Kota Banjarmasin, Hj Rusnailah, untuk menyamakan persepsi antara KPU dengan para jurnalis akan komitmen mensukseskan pilkada 2024. “Upaya ini salah satunya KPU Kota Banjarmasin melaksanakan Sosialisasi Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Banjarmasin Tahun 2024 bersama Lembaga Penyiaran dan Asosiasi Jurnalis,” ujarnya di Swiss Belhotel Banjarmasin, pada Kamis (26/9/2024).

“Kita tahu bahwa media itu tidak sekedar penyiaran, tetapi media merupakan (sarana) yang sangat strategis untuk memberikan informasi kepada masyarakat. Karena berita yang diberikan oleh media, sangat berimbang dan positif sehingga terhindar dari berita hoax atau bohong,” sambungnya.

BACA: KPU Banjarmasin Gelar Rapat Pleno Penetapan Nomor Urut Pilwali

Melalui acara ini pula Rusnailah mengharapkan, sinergi antara KPU dan media massa semakin kuat sehingga semua lapisan masyarakat mendapatkan informasi kepemiluan yang jelas dan akurat. “Media memiliki peran sangat krusial dalam menyebarluaskan informasi mengenai seluruh tahapan pemilihan,” sebutnya.

“Kami juga berharap, kolaborasi KPU dan media massa akan semakin memperluas jangkauan informasi mengenai tahapan Pilkada Kota Banjarmasin 2024 kepada masyarakat,” katanya lagi.

“Suksesnya pelaksanaan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Banjarmasin dalam Pilkada Serentak, menjadi konsentrasi dan perhatian menyeluruh bagi KPU selaku penyelenggara, termasuk sukses melalui pemberitaan dan penyebaran informasi,” ungkapnya.

Rusnailah meminta media massa, agar mampu menghadirkan pemberitaan yang edukatif, membangun semangat nasionalisme, serta mampu meningkatkan peran masyarakat dalam menyukseskan pesta demokrasi yang aman, nyaman, adil dan berkualitas. “Sebagaimana kita ketahui, bahwa tahapan kampanye sudah dimulai sejak tanggal 25 September, dan berakhir 23 November 2024,” ucapnya lagi.

“Calon Walikota Banjarmasin ada 3 pasangan calon, yang kita tetapkan tanggal 23 September 2023 kemarin. Tentu mereka berharap kepada media massa memperkenalkan identitasnya kepada masyarakat,” sebutnya.

BACA JUGA: Jelang Pilkada Serentak 2024, KPU Banjarmasin Gelar Sosialisasi

“Sebab berdasarkan PKPU no 13 tahun 2024 media massa, baik cetak, elektronik, media sosial maupun daring mempunyai kewajiban untuk menyampaikan berita kampanye yang berimbang , akurat dan sesuai dengan kode etik jurnalistik serta berpedoman pada pemberitaan yang berlaku,” ujarnya lagi.

“Selain itu kampanye merupakan pendidikan politik dimana para Paslon menawarkan visi -misinya dan program mereka yang disampaikan.Tentu dalam hal ini media masa memegang peran strategis untuk mengedukasi pemilih terutama pemilih pemula tentang program tersebut, sehingga harapannya adalah masyarakat kita dapat memberikan keputusan tepat nantinya di tanggal 27 November 2024, karena mereka sudah mendapatkan informasi yang benar tentang para Paslon Walikota dan Wakil walikota Banjarmasin,” beber Rusanilah.

Dalam acara sosialisasi, didaulat sebagai narasumber Muhammad Reza dari KPI Pusat, Totok Fahrudin selaku Sekretaris PWI Kalsel, serta Berkatullah Amin dari Bawaslu Kota Banjarmasin.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.