40 Pengelola Ikuti Bimtek Otomasi Perpustakaan Dispersip Tanbu

0

DISPERSIP (Dinas Perpustakaan dan Kearsipan) Tanah Bumbu (Tanbu) menggelar Bimtek Otomasi Perpustakaan di Studi Mini Dispersip Tanah Bumbu, Kamis (19/9/2024).

BIMTEK diikuti 40 Pengelola Perpustakaan dari perpustakaan sekolah tingkat SD, SMP, SMA sederajat, dan Perguruan Tinggi.

BACA JUGA: Raperda tentang Penyelenggaraan Perumahan dan Kawasan Permukiman Diajukan Pemkab Tanbu

Tujuan otomasi mempercepat dan mempermudah sistem pelayanan perpustakaan dalam proses pembuatan katalog (input data), pelayanan sirkulasi, dan penelusuran catalog (OPAC).

Otomasi dapat meningkatkan efisiensi dalam pengelolaan koleksi, mempercepat layanan kepada pengunjung, dan memberikan akses informasi yang lebih baik. Hal tersebut sangat penting untuk mendukung visi perpustakaan sebagai pusat sumber belajar yang modern dan inovatif.

Kepala Dispersip Tanbu, Yulia Rahmadani, berharap kegiatan ini memotivasi perpustakaan lainnya menerapkan otomasi perpustakaan di lembaganya masing-masing. ‘Peserta dapat menguasai teknologi dan sistem otomasi untuk meningkatkan efisiensi pengelolaan perpustakaan,’ ucapnya.

BACA JUGA: Raperda tentang Penyelenggaraan Perumahan dan Kawasan Permukiman Diajukan Pemkab Tanbu

Menurutnya, perpustakaan dapat memberikan layanan lebih baik ke pengunjung, mempermudah akses informasi, dan mendukung transformasi digital di dunia pendidikan.

‘Kolaborasi antar peserta memperkuat jaringan profesional dan berbagi pengalaman terbaik dalam penerapan otomasi,’ imbuhnya. (jejakrekam)

Penulis Asyikin/Diskominfo
Editor Afdi Achmad

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.