Antisipasi Karhutla dan Kekeringan, BPBD Balangan Dirikan Posko Gabungan

0

DALAM rangka pencegahan dan antisipasi Kebakaran Lahan dan Hutan (Karhutla) serta kekeringan di Kabupaten Balangan, BPBD mendirikan Posko Gabungan yang berpusat langsung di Halaman Kantor BPBD Balangan, Senin (2/9/2024).

KEPALA Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Balangan, H Rahmi menyampaikan, bahwa posko Karhutla ini berfungsi sebagai posko utama untuk memonitor tentang informasi kejadian karhutla dan kekeringan.

“Apabila ada asap dan api maka petugas yang bertugas di posko-posko tersebut akan bergerak cepat mendatangi lokasi terjadinya kebakaran lahan,” ucapnya.

Untuk memaksimalkan fungsi posko pencegahan karhutla, pihaknya pun menempatkan sejumlah petugas atau anggota yang terdiri dari TRC, TNI, Polri,  Orari, Manggala Agni, KPH dan lainnya.

Kemudian, posko tersebut juga dilengkapi dengan perlengkapan untuk mencegah meluasnya kebakaran lahan seperti armada kendaraan yang membawa tangki air serta peralatan lainnya untuk menunjang memadamkan api.

“Keberadaan posko gabungan pencegahan dan antisipasi karhutla ini akan berlangsung hingga 31 Oktober mendatang,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Infopublik.id
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.