Ketua TP PKK Kalsel Apresiasi Deteksi Dini Kanker Leher Rahim Dan Payudara

0

DINAS Kesehatan Provinsi Kalsel menggelar kegiatan Deteksi Dini Kanker Leher Rahim dan Kanker Payudara yang diselenggarakan di Mahligai Pancasila, pada Rabu (21/8/2024).

KEGIATAN ini dibuka oleh Ketua TP PKK Provinsi Kalimantan Selatan, Hj Raudatul Jannah. “Saya mengucapkan apresiasi dan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak baik pemerintah, organisasi, dokter, narasumber dan semua pihak yang telah berpartisipasi sehingga kegiatan ini dapat terlaksana dengan lancar,” ucapnya.

Diungkapkannya, tindakan pemeriksaan dini yang merupakan tindakan preventif atau pencegahan ini lebih efektif dan efisien dalam usaha mengurangi atau menurunkan angka penderita kanker.

BACA: Pemprov Kalsel Tanda Tangani MoU Terkait Penanganan Kanker Dengan RSCM Jakarta

“Tanpa mengesampingkan kuratif dan rehabilitatif (pengobatan dan pemulihan), tujuan dari kegiatan ini selain untuk bersilaturahmi, adalah juga untuk meningkatkan kualitas hidup dan derajat keluarga, dengan cara mencegah penyakit sebelum datangnya penyakit. Pencegahan lebih utama,” ucap Ketua TPP PKK Kalsel ini.

Di Kalsel sendiri, angka kejadian dua jenis kanker ini cukup tinggi. Yakni 15 orang terdeteksi kanker serviks dan 14 orang kanker payudara pada Tahun 2023. Sehingga upaya deteksi dini menjadi penting untuk mengurangi mortalitas dan morbiditas.

Dengan sasaran 1.000 orang wanita usia subur yang sudah menikah, namun ternyata diikuti lebih banyak dari sasaran, beliau mengaku senang karena para wanita di Kalsel sudah mulai sadar dengan kesehatan.

“Dua jenis kanker ini adalah kanker yang paling menyakitkan baik bagi pasien maupun keluarga. Melihat antusias peserta yang jumlahnya melebihi sasaran, ulun merasa senang, karena ini berarti kesadaran para wanita dan ibu di banua kita akan kesehatan diri juga sudah mulai meningkat,” ujar Hj Raudatul Jannah.

Beliau juga menyatakan siap untuk terus mendukung program kesehatan serupa demi meningkatkan derajat kesehatan masyarakat banua. “Semua wanita dengan berbagai profesi tidak luput dari bayang-bayang penyakit ini. Saya berharap fasilitasi kesehatan seperti ini dapat dilaksanakan terus menerus secara berkelanjutan. Kami selaku TP PKK selalu berkenan dan siap bekerjasama dan bergerak mengkampanyekan pentingnya pencegahan kanker dalam bentuk sosialisasi kepada masyarakat Kalsel Babussalam,” ungkapnya.

BACA JUGA: Peringatan World Day Cancer 2024, Ajak Masyarakat Bisa Lakukan Deteksi Dini Kanker

Sementara itu, Plh Kepala Dinas Kesehatan, Nurul Ahdani dalam laporan kegiatan menyampaikan kegiatan ini dilaksanakan masih dalam rangkaian Peringatan Hari Jadi Provinsi Kalsel ke-74.

Deteksi dini kanker serviks dan kanker payudara yang diadakan dengan sasaran 1.000 wanita usia subur yang sudah menikah ini dilaksanakan dengan metode IVA test dan Sadanis (periksa payudara klinis).

Kegiatan ini juga dilaksanakan bekerjasama dengan Ikatan Bidan Indonesia Kalsel, Yayasan Kanker Indonesia Kalsel, Ikatan Dokter Indonesia Kalsel, Biofarma dan Amanah Premier Clinic.

Pada kesempatan ini, Acil Odah juga menyerahkan bingkisan kepada perwakilan peserta yang berasal dari masyarakat umum, dan organisasi wanita di Kalsel seperti Persit Kartika Chandra Kirana, PD Bhayangkari dan Ikatan Adhyaksa Dharmakarini.(jejakrekam)

Penulis asyikin
Editor ahmad riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.