Saksikan Langsung Sispamkota, Paman Birin Ajak Semua Bergembira Memilih Pemimpin

0

GUBERNUR Kalsel, H Sahbirin Noor menghadiri acara Gelar Simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota), dalam rangka persiapan pengamanan Pilkada serentak Tahun 2024 di wilayah hukum Polda Kalsel.

SIMULASI Sispamkota, Operasi Mantap Praja Intan-2024, juga dihadiri oleh Ketua DPRD beserta Anggota Forkopimda Kalsel, yang digelar di Lapangan dr Murdjani, Rabu (24/7/2024).

Gubernur Sahbirin, yang akrab disapa Paman Birin mengapresiasi gelar simulasi ini. Menurutnya, simulasi ini sebagai kesiapan dari Polda Kalsel dalam menciptakan keamanan, kelancaran, dan ketertiban pada pelaksanaan pilkada nanti.

“Saya mengapresiasi dan mendukung upaya jajaran kepolisian terhadap pengamanan pelaksanaan pilkada. Maju dengan persiapan turun dengan penghormatan,” ujar Paman Birin yang disambut tepuk tangan meriah dari anggota jajaran kepolisian.

BACA: Simulasi Sispamkota Polda Kalsel, Kantor KPU ‘Diserang’ Hingga Aksi Tembakan

Paman Birin menekankan betapa pentingnya pelaksanaan pemilihan umum yang berjalan lancar. Diharapkannya, pilkada nanti dapat dilaksanakan dan dirasakan oleh masyarakat seperti sebuah kegembiraan. “Pilkada 2024, Pilkada yang menggembirakan, sebagaimana makna pesta demokrasi, yaitu kita semua bergembira, untuk memilih Pemimpin Banua,” harapnya.

Paman Birin juga berpesan kepada seluruh masyarakat, agar dapat menggunakan hak pilihnya nanti. “Ayo kita datang ke TPS untuk memilih pemimpin Banua, satu suara anda sangat menentukan,” ajaknya.

Sementara itu, Kapolda Kalsel Irjen Pol Winarto menyampiakan, kegiatan Sispamkota ini guna menyampaikan kepada masyarakat, bahwa Polda Kalsel beserta TNI sudah siap untuk menyambut Pilkada. “Mudah-mudahan tidak akan terjadi seperti simulasi ini, kita juga telah melakukan deklarasi damai kepada masyarakat, masyarakat juga antusias dalam melaksanakan pilkada dalam keadaan damai,” sampainya.

Dilaksanakannya kegiatan ini bertujuan untuk memastikan kesiapan personil, peralatan, serta sarana dan prasarana yang akan digunakan Polri dalam menjaga keamanan Pilkada 2024 yang akan berlangsung secara serentak di seluruh Indonesia, termasuk di Kalsel.

Kegiatan ini diawali dengan pembacaan do’a, yang kemudian dilanjutkan dengan simulasi pengamanan yang dilakukan anggota Polri.

Sispamkota ini bertujuan untuk mengkoordinasikan upaya-upaya pengamanan dan pemeliharaan ketertiban selama proses Pemilihan Umum Tahun 2024.

BACA JUGA: Pilkada Serentak 2024, DPRD Kalsel RDP Bersama KPU dan Bawaslu

Polda Kalsel bekerjasama dengan Pemerintah Daerah, TNI, dan instansi terkait lainnya dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama masa kampanye hingga pemungutan suara.

Selain itu, dalam Simulasi Sispamkota tersebut, tampak kehadiran peralatan dan kendaraan anti huru-hara yang akan digunakan oleh kepolisian untuk menjaga ketertiban selama masa kampanye dan pemungutan suara.

Kegiatan ini juga menjadi sarana untuk meningkatkan koordinasi dan komunikasi antar instansi guna mengantisipasi potensi konflik dan ancaman keamanan selama proses pemilihan.

Dengan adanya Sispamkota ini, diharapkan Polda Kalsel dan berbagai pihak terkait dapat menjaga situasi yang aman dan kondusif selama pelaksanaan Pilkada 2024 demi terwujudnya proses demokrasi yang sehat dan berintegritas.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.